PEMANFAATAN LIMBAH SISIK IKAN BANDENG MENJADI PRODUK ASPIC JELLY DI UMKM BATARI PANGKEP, KABUPATEN PANGKAJENNE KEPULAUAN

Dian Purnamasari Anwar, Hardianty Askar, Rasdi Rasdi, Istyqamah Muslimin, Arwita Irawati, Asjun Asjun, Umniyah Musdhalifah Yusran, Januar Kulsaputro, Haswika Haswika, Musdalifah Musdalifah

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini memiliki maksud dan tujuan untuk: Mengedukasi masyarakat khususnya kelompok UMK Batari Pangkep tentang pentingnya makanan sehat dengan sumber yang bahan baku yang aman dan memberikan informasi cara memanfaatkan dan mengolah sisik ikan bandeng secara tepat. Melalui kegiatan dilakukan inovasi terhadap limbah sisik ikan bandeng dengan diolah menjadi aspic jelly yang dapat menciptakan produk yang bergizi. Kegiatan PKM di UMKM Batari Pangkep Kabupaten Pangkajenne Kepulauan pada bulan Agustus 2024. Metode pengabdian yang digunakan yaitu dengan memberikan sosialisasi serta pelatihan kepada kelompok UMKM Batari Pangkep. Hasil dari kegiatan PKM yang telah dilaksanakan yaitu memberikan dampak positive terhadap UMKM Batari Pangkep. Pada peserta pelatihan terjadi peningkatan keterampilan dan pengetahuan hal ini dibuktikan dengan adanya hasil olah data kuesioner awal dan akhir dari peserta pelatihan. Semua responden belum pernah mendapatkan pelatihan pengolahan sisik ikan bandeng dan baru kali ini semua responden mendapatkan pelatihan dan setelah mendapatkan pelatihan semua responden telah mampu mengolah, mampu menjelaskan langkah-langkah prosedur dan mampu mengenal bahan-bahan pada produk aspic jelly dari sisik ikan bandeng.


Keywords


aspic jelly, bandeng, sisik, UMKM

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan Produk. 4, 69–76.

Anasrullah, M & Basiron .2017. Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) untuk meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-Adimas, 26-30.

Aryani, D. I., Nurviana, N., & Heryadi, H. (2020). Pelatihan Pembuatan kemasan sabun bunga matahari di Desa Bojonghaleuang sebagai program community empowerment. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 25(2), 76-85.

Askar, H., 2023. Added Value Of Smoked Tuna Household Industry In Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83.

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Desa Gajahrejo terletak di Kecamatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki kawasa. 3(April).

Muslimin, I., Askar, H., Irawati, A., Rasdi, R. and Mustari, M.A., 2022. Pelatihan pembuatan noodle fish dari ikan rucah di desa mangindara kecamatan galesong selatan kabupaten takalar. Nobel Community Services Journal, 2(2), pp.54-58.

Pricilla, L., Octaviani, I. S., Karolina, K., Faisal, F., & Purnama, A. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Kue Tradisional pada Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Dedikasi PKM, 1(3), 120-125.

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119-123.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 351-355.

Sulistiyowati, L. N., & Putro, P. U. W. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Kain Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89-94.

Suriyati, S., Putri, F. T. A., & Irmayanti, I. (2023). Pendampingan Strategi Pemasaran secara Online pada Home Industry Rengginang di Desa Padaelo, Kajuara, Bone, Sulawesi Selatan. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56–61. Retrieved from

https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/364 Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). Redesain Logo Dan Media Promosi

Sebagai Citra Produk Makanan Ringan Ukm Benok. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147–159.

Yasmi, M. R. (2023). Pengembangan Desain Produk Kemasan Kopi di Sapuangin Kopi Basecamp Merapi dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Kano. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 125-137.

Yulistina, Prasetyo and Rosiawan. (2022). Pendampingan & Pembuatan Logo Kemasan “Opak Ketan Dan Rengginang” Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Pemasaran Industri Umkm Di Desa Kedawung. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-2, 24 Maret 202




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.655-660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.