VITAL SIGNS VIGILANTES: PROGRAM SOSIALIASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA ANAK ASUH DI GRAHA YATIM DHUAFA (GRAY) MAMPANG JAKARTA SELATAN

Apriliya Wahyu Putri

Abstract


Ketepatan waktu dalam intervensi kesehatan merupakan faktor determinan dalam mengurangi angka kematian dan kecacatan, serta meningkatkan angka kesembuhan dan kualitas hidup pasien. Data dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan anak-anak menghadapi risiko yang signifikan ketika terjadi bencana atau kecelakaan. Terlebih lagi, anak-anak yang tinggal di panti asuhan merupakan kelompok yang rentan karena berbagai faktor sosial dan ekonomi yang memengaruhi kesejahteraan mereka. Sosialisasi pertolongan pertama merupakan upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak-anak di Graha Yatim Dhuafa Mampang, Jakarta Selatan, ketika menghadapi situasi darurat. Program pengabdian masyarakat ini dirancang dengan pendekatan Pembelajaran Partisipatif dan metode Eksperiensial. Partisipan merupakan anak-anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah di Graha Yatim Dhuafa Mampang, Jakarta Selatan, yang berjumlah 19 anak. Konkretitasi program dibagi menjadi tiga tahap utama, yaitu: (1) Tahap Sosialisasi; (2) Tahap Pelaksanaan; (3) Tahap Evaluasi. Hasil dari program sosialisasi pertolongan pertama menunjukkan peningkatan yang memuaskan pada partisipan dalam hal pengetahuan kegawatdaruratan dan keterampilan mendemonstrasikan teknik pertolongan pertama dengan benar. Evaluasi menunjukkan tingkat partisipasi peserta sebesar 100%, yang mengindikasikan keterlibatan penuh dari segenap partisipan dalam program ini.

Keywords


Edukasi, Kesiapsiagaan Darurat, Pertolongan Pertama

Full Text:

PDF

References


Alisa, A. (2016). Program Pelatihan Motivasi, Wawasan dan Ketrampilan untuk Anak Sekolah Dasar di Komunitas Belajar All Kids.

Asmarita, D. (2019). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Terhadap Pertolongan Pertama pada Cedera di Lingkungan SMP Negeri Se-Kecamatan Pajangan Bantul Tahun 2019. Universitas Negeri Yogyakarta.

Auraaen, A., Slawomirski, L., & Klazinga, N. (2018). The Economics of Patient Safety in Primary and Ambulatory Care: Flying Blind. OECD Health Working Papers, 106. https://doi.org/10.1787/baf425ad-en.

Azhari, S., Sari, R. M., HafizHuddin, M., Nurkhafiza, A., & Umara, N. S. (2022, October). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Bayhaqi, A. M., Fahlevi, A., Hafid, A. I. et al. (2024). Peningkatan Kualitas Siswa Melalui Pelatihan Motivasi Belajar, Bahasa Inggris dan Matematika di Yayasan Mitra Arofah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.

Cheng, A., Magid, D. J., Auerbach, M. et al. (2020). Part 6: Resuscitation Education Science: 2020 American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. Circulation, 142(16_Suppl_2), S551-S579.

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 160-169.

Global First Aid Reference Centre. (2020). First Aid Guidelines 2020. Global First Aid Reference Centre. https://www.globalfirstaidcentre.org/first-aid-guidelines-2020/.

Hodkinson, A., Tyler, N., Ashcroft, D. M. et al. (2020). Preventable Medication Harm Across Health Care Settings: A Systematic Review and Meta-analysis. BMC Medicine, 18, 1-13.

International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). (n.d.). First Aid. IFRC. https://www.ifrc.org/our-work/health-and-care/first-aid.

Joni, I., Vebrianto, R., & MZ, Z. A. (2020). Metode Pembelajaran Peer Teaching sebagai Solusi Dalam Pembelajaran Matamatika. Instructional Development Journal, 3(2), 69-74.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://www.kemkes.go.id.

Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. FT press.

Kundre, R., & Mulyadi, N. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Simulasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama pada Siswa yang Mengalami Sinkop di SMA 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Marbun, A. S., Amila, A., & Sembiring, E. (2023). Edukasi Kesehatan dan Praktik Pertolongan Pertama Siswa yang Mengalami Syncope pada Siswa Sekolah Dasar. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 130-135.

Mutiara, M., & Bengkel. (2022). Permasalahan Pendidikan Anak di Yayasan Panti Asuhan Sinar Damai Sejahtera. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 65-70.

Nastiti, E. M. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama pada Layperson Usia Anak Sekolah terhadap Efikasi Diri dalam Penanganan Kasus Cedera: A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 148-153.

Natasha, D. R. (2016). Peran Pendidikan Panti Asuhan Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak (Studi Kasus: Panti Asuhan Aisyiyah Semarang). Universitas Negeri Semarang.

Panagioti, M., Khan, K., Keers, R. N. et al. (2019). Prevalence, Severity, and Nature of Preventable Patient Harm Across Medical Care Settings: Systematic Review and Meta-analysis. BMJ, 366. https://doi.org/10.1136/bmj.l4185.

Pranesti, A., Hidayah, N., & Latri, S. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Faster is Better Berbasis Peer Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 YOGYAKARTA. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9(01).

Puspitorini, P. (2022). Peran Metode Peer Teachiing dalam Pengembangan Kemampuan Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 939-942.

Slawomirski, L., & Klazinga, N. (2022). The Economics of Patient Safety: From Analysis to Action. OECD Health Working Papers, 145. https://doi.org/10.1787/761f2da8-en.

Slawomirski, L., Auraaen, A., & Klazinga, N. S. (2017). The Economics of Patient Safety: Strengthening a Value-based Approach to Reducing Patient Harm at National Level. OECD Health Working Papers, 96. https://doi.org/10.1787/5a9858cd-en.

United States Agency for International Development (USAID). (2008). Education Programming for Orphans and Vulnerable Children Affected by or Vulnerable to HIV: Moving Beyond School Fees and Uniforms (Final Report). Catholic Relief Services.

World Health Organization. (n.d.). Emergency Care. World Health Organization. https://www.who.int/health-topics/emergency-care#tab=tab_1.

World Health Organization. (n.d.). Patient Safety. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/patient-safety.

Wulandari, Y., & Putra, H. J. (2023). Edukasi Pertologan Pertama pada Luka Dilingkungan Panti Asuhan Radautul Aitam Kelurahan Tanjung Raya Kedamaian Bandar Lampung. JPMBD: Jurnal Pengabdian Masyarkat Bunda Delima, 5(2), 1-7.

Zulkarnain, O., Pamungkas, P., & Cahayanto, H. N. (2024). Pemberdayaan Kader Surabaya melalui Metode Experiential Learning dalam Penanganan Pertama Kasus Luka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2335-2343.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.527-535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.