MIND MAPPING DAN BUSINESS MAPPING SEBAGAI STRATEGI KREATIF DALAM MENJALANKAN USAHA MELALUI SEKOLAH WIRAUSAHA AISYIYAH KABUPATEN PEKALONGAN - JAWA TENGAH
Abstract
Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang wirausaha dan memfasilitasi pengalaman belajar yang praktis dan relevan dengan tantangan ekonomi saat ini. Melalui kegiatan ini peserta diajak untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, serta keberanian dalam menghadapi tantangan bisnis. Mitra menghadapi kendala keterbatasan kemampuan untuk melakukan mapping bisnis apa yang harus dipilih dari berbagai bisnis yang sekarang telah ada dan adanya kekhawatiran jika memilih bisnis yang dijalankan nanti rugi atau tidak menguntungkan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pemahaman serta praktik membuat mind mapping dan business mapping agar peserta kegiatan ini dengan mudah dapat mengenali usaha yang ingin dijalankan dari sekian banyak keinginan yang ingin dilakukan dalam bisnisnya serta mampu memetakan bisnis mana yang mempunyai resiko kecil namun mendapatkan keuntungan yang optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah analisis situasi mitra, pemilihan peserta melibatkan ranting-ranting aisyiyah dengan melakukan screening ditingkat ranting di kabupaten Pekalongan dengan kualifikasi batasan usia 30-40 tahun dan bersedia mengikuti kegiatan selama delapan minggu sampai selesai. Peserta di batasi 35 peserta untuk satu kali angkatan. Kegiatan dilakukan setiap hari ahad dimulai dari pukul 08.00 – 13.00 selama 8 minggu terdiri dari teori dan praktik serta kunjungan kepelaku usaha UMKM yang telah sukses,pretest dan post test, serta diakhiri dengan wisuda sekolah wirausaha aisyiyah. Hasil kegiatan adalah meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan untuk membuat mind mapping usaha serta mampu menciptakan kreatifitas bisnis baru bagi peserta SWA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Goebert, C. (2023). Mind Mapping as an Innovative Tool to Enhance Project-Based Learning Utilizing Technology Tools. Sports Innovation Journal, 4(SI), 120–136. https://doi.org/10.18060/27406
Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis Swot Sebagai Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Sentra Ukm Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Tambusai, 6(2), 6.
Luangkrajang, M. S. (2022). Use of Mind-Mapping in Language Learning: A Cognitive Approach. Theory and Practice in Language Studies, 12(8), 1616–1621. https://doi.org/10.17507/tpls.1208.18
Natalya, K. D. A., & Sudarmawan, I. W. E. (2024). Analisis Strategi Alternatif Bisnis berdasarkan Analisa SWOT. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(5), 779–788. https://doi.org/10.22334/paris.v3i5.791
Ruixuan, J., Narayanan, G., Majid, S., & Chenhui, L. (2024). Exploring the application of mind map to enhance students ’ creative thinking, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.24191/ijsms.v9i2.24210
Sari, S. R. D. A., & Hasbi, I. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Smart Business Map Pada D’Wan Shoes. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 469–481. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.128
Tarin, S., & Yawilong, R. (2022). Using Mind-Mapping to Develop EFL Students’ Writing Performance. English Language Teaching, 15(11), 14. https://doi.org/10.5539/elt.v15n11p14
Tee, T. K., Azman, M. N. A., Mohamed, S., Mohamad, M. M., Yunos, J., Yee, M. H., & Othman, W. (2014). Buzan Mind Mapping : An Efficient Technique for. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8(1), 28–31.
Wahyuni Trisna, N. M. S., & Fardani Zulkifli, F. (2021). Bisnis Kreatif Di Era Digital Dengan Mengangkat Kearifan Lokal. Jurnal Da Moda, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.581-587
Refbacks
- There are currently no refbacks.