MIND MAPPING DAN BUSINESS MAPPING SEBAGAI STRATEGI KREATIF DALAM MENJALANKAN USAHA MELALUI SEKOLAH WIRAUSAHA AISYIYAH KABUPATEN PEKALONGAN - JAWA TENGAH

Sobrotul Imtikhanah, Dinda Sukmawati, Ferlinda ainurachmani

Abstract


Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang wirausaha dan memfasilitasi pengalaman belajar yang praktis dan relevan dengan tantangan ekonomi saat ini. Melalui kegiatan ini peserta diajak untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, serta keberanian dalam menghadapi tantangan bisnis. Mitra menghadapi kendala keterbatasan kemampuan untuk melakukan mapping bisnis apa yang harus dipilih dari berbagai bisnis yang sekarang telah ada dan adanya kekhawatiran jika memilih bisnis yang dijalankan nanti rugi atau tidak menguntungkan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan  edukasi dan pemahaman serta praktik membuat mind mapping dan business mapping agar peserta kegiatan ini dengan mudah dapat mengenali usaha yang ingin dijalankan dari sekian banyak keinginan yang ingin dilakukan dalam bisnisnya serta mampu memetakan bisnis mana yang mempunyai resiko kecil namun mendapatkan keuntungan yang optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah analisis situasi mitra, pemilihan peserta melibatkan  ranting-ranting aisyiyah dengan melakukan screening ditingkat ranting  di kabupaten Pekalongan dengan kualifikasi batasan usia 30-40 tahun dan bersedia mengikuti kegiatan selama delapan minggu sampai selesai. Peserta di batasi 35 peserta untuk satu kali angkatan. Kegiatan dilakukan setiap hari  ahad dimulai dari pukul  08.00 – 13.00 selama 8 minggu terdiri dari teori dan praktik serta kunjungan kepelaku usaha UMKM yang telah sukses,pretest dan post test, serta diakhiri dengan wisuda sekolah wirausaha aisyiyah. Hasil kegiatan adalah meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan untuk membuat mind mapping usaha serta mampu menciptakan kreatifitas bisnis baru bagi peserta SWA


Keywords


sekolah wirausaha aisyiyah; mind mapping; usaha

Full Text:

PDF

References


Goebert, C. (2023). Mind Mapping as an Innovative Tool to Enhance Project-Based Learning Utilizing Technology Tools. Sports Innovation Journal, 4(SI), 120–136. https://doi.org/10.18060/27406

Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis Swot Sebagai Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Sentra Ukm Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Tambusai, 6(2), 6.

Luangkrajang, M. S. (2022). Use of Mind-Mapping in Language Learning: A Cognitive Approach. Theory and Practice in Language Studies, 12(8), 1616–1621. https://doi.org/10.17507/tpls.1208.18

Natalya, K. D. A., & Sudarmawan, I. W. E. (2024). Analisis Strategi Alternatif Bisnis berdasarkan Analisa SWOT. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(5), 779–788. https://doi.org/10.22334/paris.v3i5.791

Ruixuan, J., Narayanan, G., Majid, S., & Chenhui, L. (2024). Exploring the application of mind map to enhance students ’ creative thinking, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.24191/ijsms.v9i2.24210

Sari, S. R. D. A., & Hasbi, I. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Smart Business Map Pada D’Wan Shoes. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 469–481. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.128

Tarin, S., & Yawilong, R. (2022). Using Mind-Mapping to Develop EFL Students’ Writing Performance. English Language Teaching, 15(11), 14. https://doi.org/10.5539/elt.v15n11p14

Tee, T. K., Azman, M. N. A., Mohamed, S., Mohamad, M. M., Yunos, J., Yee, M. H., & Othman, W. (2014). Buzan Mind Mapping : An Efficient Technique for. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8(1), 28–31.

Wahyuni Trisna, N. M. S., & Fardani Zulkifli, F. (2021). Bisnis Kreatif Di Era Digital Dengan Mengangkat Kearifan Lokal. Jurnal Da Moda, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.581-587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.