TRANSFORMASI UMKM: OPTIMALISASI ADMINISTRASI DAN PEMASARAN DENGAN SISTEM E-CRM

(1) * Khabib Alia Akhmad Mail (Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia)
(2) Eko Purwanto Mail (Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia)
(3) Tri Djoko Santosa Mail (Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


UMKM di Indonesia berkontribusi signifikan terhadap PDB dan menciptakan sebagian besar lapangan kerja di sektor swasta. Di Kabupaten Sragen, lebih dari 200 pelaku usaha tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Gading Sukowati (P2GS), dengan jenis usaha meliputi olahan pangan, kerajinan tangan, fashion, jasa, pertanian, dan pemasaran. Namun, P2GS menghadapi kendala dalam manajerial dan komunikasi pemasaran, sehingga retensi pelanggan masih rendah. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan sistem informasi manajerial dan E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) yang dapat diakses dengan mudah. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam lima tahapan: sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan teknologi, evaluasi, dan keberlanjutan program. Hasilnya, anggota P2GS berhasil mengimplementasikan sistem yang dirancang, termasuk integrasi alur kerja dengan proses bisnis mereka. Penerapan teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan administrasi dan memperkuat hubungan pelanggan, memberikan manfaat strategis bagi keberlanjutan dan daya saing UMKM di Sragen.


Keywords


MSME, Management System, E-CRM

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i1.138-142
      

Article metrics

Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abimanyu, J. N., Hatta, N. S. A., & Adriana, E. 2024. Peran e-CRM dalam Bisnis di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, pp. 78-90).

Dzikrullah, A. A., & Chasanah, U. (2024). Optimalisasi Peran Koperasi Dalam Mendukung Umkm: Meningkatkan Akses Modal, Penguasaan Teknologi, Dan Ekspansi Pasar. Investi: Jurnal Investasi Islam, 5(1), 648-668.

Hermawanto, S., & Ratnamurni, E. D. 2024. Customer Relationship Management (CRM) Pada PT Indotex Tripadu Jaya. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 2217-2235.

Novitasari, A. T. 2022. Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 9(2).

Pratiwi, W.D., Nurfadilah, K.D. and Karim, A.A., 2022. Pelatihan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pelaku Umkm Di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), pp.3856-3865.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.