MEMBANGUN DESA MANDIRI MELALUI SINERGI UMKM DAN MASYARAKAT

Musdalifah Musdalifah, Murtafia Murtafia, Andi Fiqratama Mattotorang, Anugerahayu Isti’adzah Nadiar, Nurhaliza Nurhaliza, Yustina Veronika Lusia Sa Radja, Erika Putri Maharani Giri, Annisa Indah Sari Wayroro

Abstract


Program Desa Mandiri merupakan salah satu dari program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di pedesaan dalam mengembangkan usaha yang produktif dengan berbasis sumber daya lokal serta menambah ketersediaan pangan. Program ini dilaksanakan di Desa Punranga dengan fokus pada sinergi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dan masyarakat desa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR). Program yang dilakukan mencakup berbagai kegiatan antara lain Pendampingan Penyerapan Aspirasi Masyarakat Desa untuk membangun usaha yang ada di desa, Pelatihan Kewirausahaan kepada pelaku usaha dan masyarakat desa untuk peningkatan pendapatan masyarakat lokal, Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan bagi perangkat desa untuk memudahkan pelaku usaha mengurus surat keterangan usaha, Pelatihan Pengembangan Produk Usaha, Pengembangan

Pemasaran Produk melalui media sosial, dan Pengembangan Produk melalui Pembuatan Kemasan. Hasil program ini menunjukkan dampak positif dalam upaya untuk membuat desa menjadi lebih mandiri. Partisipasi aktif dari berbagai pihak telah membantu pelaku usaha mengatasi masalah mereka dan meningkatkan nilai jual produk mereka melalui penggunaan media sosial dan kemasan baru. Diharapkan program ini akan membantu Desa Punranga menjadi lebih mandiri di masa depan.

Keywords


Desa Mandiri, UMKM, Masyarakat, Pengembangan Produk

Full Text:

PDF

References


Goso, Samsul & Bachri. 2016. Implementasi Pemberdayaan

Usaha Ekonomi Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen. Vol. 02 No. 01

Hamid, R. S., & Ikbal, M. 2017. Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 16 No. 3

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2001. Prinsip Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid I dan II. Jakarta: Erlangga.

Mahardika, R., & Farida, F. 2019. Pengungkapan Diri pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies). Vol. 3 No. 1

Ukkas, I. 2017. Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Berkemajuan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 1

Putri, F. T., Fauziyah, A., & Kanita, G. G. 2023. Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan dan Mentoring Bisnis Terhadap Perkembangan dan Kemajuan UMKM. SEIKO : Journal of Management & Business, Vol. 6 Issue 2.

Uchyani, R., & Irianto, H. (2015). Pengemasan produk dalam meningkatkan produk berbahan baku kacang yang marketable. In Prosiding Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit & Awards 2015: Sinergitas Pengembangan UMKM dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (pp. 210- 216). Universitas Sebelas Maret.

Supardi, S., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T.

I. 2021. Peluang dan Perubahan Cara Berpikir Saat Pandemik. (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5373-5383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.