PELATIHAN‘ONLINE MARKETING’ BAGI PELAKU USAHA DI KECAMATAN LAREN LAMONGAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN DESA WISATA MENJADI DESTINASI DIGITAL

(1) * Imam Trisno Edy Mail (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Islam Lamongan, Indonesia)
(2) Fatchiyatun Ni’mah Mail (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Islam Lamongan, Indonesia)
(3) Renggo Ariezka Mail (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Islam Lamongan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Desa Wisata, Desa Berbasis Pariwisata. Potensi yang dikembangkan di tingkat desa ini harus mampu dioptimal lagi, salah satunya adalah dengan memanfaatkan digitalisasi atau pemasaran online. Pengusaha yang ada di kecamatan Laren kita ajak untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman terkait digital marketing atau online marketing melalui pelatihan.  Pelatihan ini dimaksudkan agar para pelaku usaha mampu lebih terbuka terhadap peluang dan tantangan yang ada dalam era digital saat ini, salah satunya terkait pemasaranm. Metode yang digunakan dalam penyuluhan dan pelatihan Workshop Online Marketing di Kecamatan Laren adalah metode Diskusi Kelompok Terarah atau biasanya disebut Focus Group Discussion (FGD), Sasaran dari Program Pengabdian pada Masyarakat ini adalah pelaku usaha yang mempunyai andil besar dalam pengembangan desa wisata di kecamatan Laren. Dari kegiatan atau program pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu; (1) pelaku usaha di Kecamatan Laren, sebelum mengikuti Workshop Digital Marketing ini, belum memahami konsep pemasaran digital  berbasis   media   sosial,   sehingga   belum   mampu   mengoptimalisasi pemanfaatan media sosial dari desa wisata yang mereka miliki. (2) Setelah mereka mengikuti Workshop Digital Marketing ini pengetahuan dan wawasan merekapun bertambah, para pengusaha terutama yang terlibat dalam mampu memahami konsep pemasaran berbasis digital dan mereka mampu lebih jauh mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produk yang ada (3) Kegiatan  program  pengabdian  pada  masyarakat  ini menjadi sarana terjalinnya hubungan yang erat antara Prodi Magister Manajemen Universitas Islam Lamongan dan pengusaha di kecamatan Laren


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v2i2.119-123
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Kementerian Pariwista Republik Indonesia., Booklet Arah Dan Kebijakan Kementerian Parwisata Repbulik Indonesia, Jakarta, 2016.

Liputan6. com. 2015. Kembangkan Wisata Halal, Pemprov LAMONGAN Segera Keluarkan Pergub. Dikutip pada 2018 dari https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2367489/kembangkan-wisata-halal-pemprov-Lamongan-segera-keluarkan-pergub,diaksespada29Juni 2019.

Lombokinsider.com. 2017. Pasar Pancingan Angkat Potensi Desa Wisata Hijau Bilebante Pringgarate – Loteng. Dikutip pada 2018 dari www.lombokinsider.com/destination-news/Pasar-pancingan-angkat-potensi-desa-wisata-hijau-bilebante-pringgarate-loteng/, diakses pada 01 Juli 2019

Redtreeasia.com.2017.Apa Itu Digital Marketing?Pengertian Dan Konsep Dasarnya Dikutip pada 2019 dari www.redtreeasia.com/info/apa-itu-digital-marketing-pengertian-dan-konsep-dasarnya/amp/, diakses pada12 Juli 2019.

Travel.kompas.com. 2017. 10 Destinasi“Bali Baruâ€, 4 Destinasi Jadi Prioritas Dikutip pada 2019dari https://travel. kompas. com/read/2017/11/18/122700027/10-destinasi-bali-baru- 4-destinasi-jadi-prioritas, diaksespada 22 Juli 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.