OPTIMALISASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT BERBASIS E-COMMERCE UNTUK UMKM KELOMPOK WANITA TANI MELATI DESA SUMBERJO

A.Amirul Asnan Cirua, Chairi Nur Insani, Nurani Natsir

Abstract


Pelatihan dan pendampingan terkait pemanfaatan teknologi, khususnya e-commerce di Desa Sumberjo bertujuan untuk memberdayakan potensi desa dan memperluas akses pasar guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan pemahaman kelompok wanita tani melati mengenai supply chain management dan e-commerce. Hasilnya, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman peserta, dengan 88% yang kini memahami konsep supply chain management dan 85% memahami penerapannya, dibandingkan 20% sebelum pelatihan. Pengetahuan tentang e-commerce juga melonjak dari 50% menjadi 90%, serta pemahaman terkait pentingnya label, merek, dan kemasan produk meningkat dari 30% menjadi 80%. Kesiapan peserta menggunakan e-commerce sebagai media promosi naik dari 17% menjadi 70%, dan pemahaman terkait pemasaran produk melalui e-commerce meningkat dari 30% menjadi 89%. Selain itu, penggunaan sistem pembayaran digital bertambah dari 28% menjadi 90%. Adopsi teknologi dalam UMKM juga meningkat, dengan kesiapan peserta mengelola platform e-commerce naik dari 45% menjadi 95%, menunjukkan keberhasilan program pelatihan ini dalam meningkatkan keterampilan peserta

Keywords


kelompok wanita tani, e-commerce, pelatihan, umkm.

Full Text:

PDF

References


Ahadiyat, Yugi Rahayu, Ida Widiyawati, and Ahmad Fauzi. 2021. “Penerapan Sistem Pertanian Organik Dengan Aplikasi Pupuk Organik Cair Urin Kelinci Pada Padi Sawah.” Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 7(3): 221–28.

Dwi Imani, Rinaldi et al. 2023. “Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan.” ITAKARYA : Jurnal Pengabdian Mayarakat 1(1): 43–55. https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITAKARYA/article/view/235.

Fahlevi, Agam Yogi, Zusuf Tri Purnomo, and Lukhi Mulia Shitophyta. 2021. “Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Urine Kambing Jawa Randu Dan Sampah Organik Rumah Tangga.” Rekayasa 14(1): 84–92.

Heri, Adi, Chairi Nur Insani, Arnita Irianti, and Nurdina Rasyid. 2024. “Penerapan Teknologi IoT Pada Tanaman Hidroponik Untuk Monitoring Pertumbuhan Tanaman Di Desa Puccadi.” Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) 4(1): 37–46.

Imas Rahmatissa, Windiah Kintani, Andini Safutri, Hendi Periyatna, Nur Amalia Al Choiriyah, Ayu Pratiwi, Marpiadi, Elisa Amanda, Maulidya Juniati, Desi Putri, Winda Purnama Sari. 2023.

“Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Perlang Dalam Pembuatan Branding Dan Pemasaran Melalui Marketplace.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3(2): 1958–64. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/707%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/707/543.

Nurhayati, Ainaya et al. 2023. “KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dan Inovasi Desain Kemasan Pada UMKM Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.” JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 21–26. http://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/407.

Sulfianti, Sulfianti, Miming Berlian, and Eko Priyantono. 2018. “Efektivitas Pupuk Organik Cair Keong Mas Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Padi.” Jurnal Agrotech 8(2): 56–61.

Sulistyowarni, Indriana, Sri Sundari, and Supandi Halim. 2020. “POTENSI KOMODITI PERDAGANGAN PISANG DALAM RANGKA MEMENUHI PERMINTAAN DAN MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI PERTAHANAN (STUDI DI KABUPATEN BOGOR).” Jurnal Pertahanan & Bela Negara 10(3): 317. http://jurnal.idu.ac.id/index.php/JPBH/article/view/1058.

Yani, Devi Andri, Hijri Juliansyah, Anwar Puteh, and Khairil Anwar. 2022. “Minimalisasi Biaya Produksi Usaha Tani Melalui Pemanfaatan Limbah Buah-buahan Sebagai Pupuk Organik cair.” Jurnal Malikussaleh Mengabdi 1(2): 1–8. https://ojs.unimal.ac.id/jmm/article/view/8237.

Yasmin Syah, Aulia. 2022. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 Di UMKM Kelurahan Muarasari Community Empowerment Through Digital Marketing as a Promotional Media for the Covid-19 Pandemic Era in UMKM of Muarasari Village.” 2(3): 215–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5192-5202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.