PENINGKATAN KAPASITAS UMKM MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DI DESA SAMBIREJO
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital para pelaku UMKM di Desa Sambirejo. Pelatihan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan partisipasi aktif para pelaku UMKM di setiap tahapan. Pelatihan difokuskan pada strategi pemasaran digital, pembuatan label menggunakan Canva, dan penggunaan QRIS. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, diskusi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap pemasaran digital. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti rendahnya literasi digital dan keterbatasan modal. Dukungan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keberlanjutan pengembangan UMKM di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbari, T. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Media Abdimas, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v3i2.2770
Citradika, D. P., Murty, D. A., & Satrio, D. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Mendukung Komunitas Toko Bahasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i1.498
Dwi Imani, R., Sucipto, H., Afridah, N., Syaifulloh, M., & Bambang Riono, S. (2023). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan. ITAKARYA : Jurnal Pengabdian Mayarakat, 1(1), 43–55. https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITAKARYA/article/view/235
Fitriany, F., & Halim, S. E. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.53654/ar.v2i1.369
Husna Ni’matul Ulya, & Ravina Putri Agustin. (2022). Penguatan UMKM Melalui Pembuatan Merek Dagang dan Label pada UMKM Jajanan Camilan di Desa Joresan Mlarak Ponorogo. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.21154/amaluna.v1i1.1069
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Najah Rusyada, G., Rabiatul Adawiyah Kartika Wulan, B., Kudus Pranasa, R., Nyoman Switrayana, I., & Mulawarman, L. (2023). Pelatihan Pembuatan Label Usaha untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal ILMIAH PENGABDIAN DAN INOVASI, 1(3), 415–424. https://journal.insankreasimedia.ac.id/index.php/JILPI
Oliviera, F. P., Evafgia M, G. B., Ketmoon, A., & Hildegardis Missa, A. B. B. (2023). Sosialisasi dan Digitalisasi Marketing UMKM Fersita Batako di Desa Baumataa, Kabupaten Kupang-NTT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 41–48.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Tsabita, P., Syabitha, F. N., Hasanah, N., Putra, P. D., & Veronika, M. (2024). Pelatihan dan sosialisasi pengembangan inovasi produk keripik singkong sebagai upaya peningkatan umkm di desa petanang kecamatan lembak provinsi sumatera selatan. 5(4), 7838–7845.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5025-5030
Refbacks
- There are currently no refbacks.