 (Universitas Samudra, Indonesia)
 (Universitas Samudra, Indonesia)(2) Muhammad Arif Fadhilah
 (Universitas Samudra, Indonesia)
 (Universitas Samudra, Indonesia)(3) Azrul Rizki
 (Universitas Samudra, Indonesia)
 (Universitas Samudra, Indonesia)(4) Nuriana Nuriana
 (Universitas Samudra, Indonesia)
 (Universitas Samudra, Indonesia)(5) Usman Usman
 (Universitas Samudra, Indonesia)
 (Universitas Samudra, Indonesia)(6) Syahrial Fuadi
 (SMK Negeri 1 Indra Makmu, Indonesia)
 (SMK Negeri 1 Indra Makmu, Indonesia)*corresponding author
| AbstractKegiatan pengabdian yang berjudul Pelatihan Penyusunan Modul Ajar dan Best Practice Guru Berprestasi bagi Guru SMKN 1 Indra Makmu masih mengalami kesulitan dalam merancang modul ajar dan penyusunan laporan best practice. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang modul ajar dan mengedukasi guru cara pembuatan best practice yang bermanfaat untuk kenaikan pangkat dan mengikuti guru berprestasi.  Peserta pengabdian ini berjumlah 30 orang guru. Pelaksanan kegiatan pengabdian terdiri dari beberapa Langkah, yaitu (1) observasi ke lokasi mitra di SMKN 1 Indra Makmu Aceh Timur, (2) identifikasi masalah mitra di lapangan, (3) perumusan masalah bersama dengan mitra terkait penggunaan modul ajar dan penyusunan laporan best practice, (4) pelaksanaan kegiatan pengabdian di SMKN 1 Indra Makmu, (5) telaah hasil pengabdian dan pembuatan luaran pengabdian, dan (6) evaluasi secara berkala. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah 85% guru mampu menyusun modul ajar dengan baik sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Kemudian, guru juga mampu menyusun laporan/portofolio terkait dengan best practice guru berprestasi. Tim pengabdi juga memberikan buku panduan tentang prinsip dan penyusunan modul ajar dan  pembuatan best practice yang bermanfaat untuk kenaikan pangkat guru yang akan diberikan kepada guru SMK Negeri 1 Indra Makmu. KeywordsKata Kunci: Pelatihan, Modul Ajar, Best Practice, SMKN 1 Indra Makmu | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5345-5356 | Article metricsAbstract views : 70 | PDF views : 18 | Cite | Full Text Download | 
References
Yuhaga Y. Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di SD Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022: Increasing Teachers’ Skills In Developing Independent Curriculum Teaching Modules Through Training In Sd Negeri 1 Pandran Raya, Teweh Tengah District, North Barito Regency, Semester I, Academic Year 2021/2022. Anterior J 2023;22:52–8.
Akhiruddin A, Sriwahyuni S, Alam S. Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka dan Pelatihan Aplikasi Bandicam sebagai Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru di SMP. Community Dev J J Pengabdi Masy 2023;4:10315–28.
Salamah ER, Rifayanti ZET, Trisnawaty W, Subaidah S. Pelatihan penyusunan modul ajar siswa sekolah dasar berbasis kurikulum merdeka. Rengganis J Pengabdi Masy 2023;3:28–35.
Nurhayati P, Emilzoli M, Fu’adiah D. Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM J Masy Mandiri 2022;6.
Anwar Z, Sakti HG, Hariawan R. Pelatihan Penyusunan Karya Ilmiah Best Practice Bagi Guru. J Pengabdi Kpd Masy CAHAYA MANDALIKA ABDIMANDALIKA E-ISSN 2722-824X 2021;2:31–4.
Retnosasi IE, Indrayanti T, Pramujiono A, Supriyanto H. Pelatihan Penyusunan Best Practice dalam Penelitian Tindakan Kelas pada Guru SMP-SMA. Yumary J Pengabdi Kpd Masy 2021;2:61–8.
Refbacks
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




