TRANSFORMASI DIGITAL DI DUNIA PAUD: SISTEM INFORMASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK (SIPPA) BERBASIS ANDROID

Dewi Pratiwi, Anita Afrianingsih, Akhmad Khanif Zyen, Lukman Hakim, Nandani Widya Putri

Abstract


Transformasi digital dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi kebutuhan mendesak di era informasi saat ini. Salah satu inovasi yang diperlukan adalah digitalisasi laporan perkembangan anak agar orang tua dapat memantau dan berinteraksi dengan perkembangan anak secara real-time. Artikel pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak Sistem Informasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (SIPPA) berbasis Android, yang dirancang untuk memberikan laporan harian kepada orang tua terkait perkembangan anak di PAUD. SIPPA memungkinkan guru untuk mencatat dan mengirimkan laporan perkembangan anak secara digital, yang dapat langsung diakses oleh orang tua melalui perangkat Android. Latar belakang pengabdian ini didasari oleh perlunya solusi yang efektif untuk menjembatani komunikasi antara guru dan orang tua, guna memastikan bahwa stimulasi perkembangan anak yang diberikan di sekolah dan di rumah dapat sejalan. Implementasi SIPPA di PAUD bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam pelaporan perkembangan anak, memudahkan guru dalam pengelolaan informasi, dan mempercepat respon dari orang tua terhadap kebutuhan perkembangan anak. Metodologi pengabdian melibatkan pelatihan intensif bagi guru dan orang tua untuk menggunakan SIPPA, disertai dengan evaluasi berkala untuk menilai efektivitas dan kesesuaian aplikasi ini dalam mendukung komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa SIPPA tidak hanya meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak, tetapi juga memungkinkan guru untuk memberikan intervensi yang lebih tepat waktu berdasarkan umpan balik dari orang tua. Artikel ini menyimpulkan bahwa digitalisasi melalui SIPPA merupakan langkah signifikan dalam transformasi pendidikan anak usia dini, yang memungkinkan kerjasama yang lebih efektif antara sekolah dan rumah dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Keywords


PAUD, transformasi digital, laporan perkembangan anak, SIPPA

Full Text:

PDF

References


Alfah, R. (2022). Perancangan Aplikasi Pelaporan Penilaian Perkembangan Anak Didik Secara Objektif dan Priodik. Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB (1).

Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127–134.

Cahya, F., Wati, T., & Krisnanik, E. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Website. Journal of Applied Computer Science and Technology, 2(1), 49–58.

Christy, A., Wahyu, W., & Jamain, R. R. (2024). Pelaksanaan Program Kemitraan Satuan PAUD dan Keluarga (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Inti dan TK Islam Terpadu Ukhuwah). Journal of Education Research, 5(3), 3507–3513.

Efendi, D. I. (2015). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi. Didaktika, 13(3), 11–18.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23.

Fathan, M. F., & Widiansyah, S. (2023). Peran sekolah Ramah Anak dalam Melindungi Anak dari Kekerasan Gender Berbasis Online di Masa Pandemi. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 331–336.

Fu’adi, A., Zubaidah, R. N., & Putra, B. J. M. (2022). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Anak Usia Dini Berbasis Web. Journal of Electrical, Electronic, Mechanical, Informatic and Social Applied Science, 17–24.

Handayanti, A. (2020). Pola Asuh Pada Komunikasi Orangtua-Anak Untuk Menanamkan Disiplin Pada Anak Menurut Islam. ProListik, 5(2).

Harahap, N. R. (2019). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di desa pante raya kecamatan wih pesam kabupaten bener meriah tahun 2018. . Jurnal Midwifery Update (MU), 1(1), 37–46.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.

Mannassai, A. F., Laliyo, L. A., & Pulukadang, W. T. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pendampingan untuk Orang Tua dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Murhum J. Pendidik Anak Usia Dini, 4(2), 531–535.

Ocha, F. A., Habiby, J. S., & Muttaqin, M. A. (2024). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Anak Usia Dini: Studi Eksploratif. Journal Of Early Chilhood Education Studies, 4(1), 73–104.

Rachmatsyah, A. D., Isnanto, B., Saputro, S. H., Helmud, E., & Wijaya, B. (2020). Pelatihan Penilaian Siswa Sekolah berbasis Web Bagi Siswa dan Guru Sekolah di Pangkalpinang. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 1(2).

Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.

Suhartini, S. (2021). Pentingnya Peranan Guru Dalam Stimulasi Perkembangan Sosial di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4219–4223.

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). Transformasi Edukasi: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Umanailo, M. C. B. (2019). Integration of Community Empowerment Models [Pengintegrasian Model Pemberdayaan Masyarakat]. Proceeding of Community Development.2, 268–277.

Wahidah, F. A. N. M., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mngetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62.

Yasa, I. M. A. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah PAUD Binaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 179–187.

Yulian, J., Adi, S. A., & Rachmi, I. S. (2022). Pendekatan Partisipatif Dalam Program Bahari Sembilang Mandiri Sebagai Upaya Peningkatan Inisiatif Lokal. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(7), 496–504.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4926-4942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.