PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HOLOGRAFI AUDIO VISUAL SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MAHASISWA PPG PAUD

(1) * Ica Purnamasari Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(2) Zihan Novita Sari Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(3) Rezka Arina Rahma Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(4) Eka Putri Surya Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(5) Alby Aruna Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(6) Adinda Marcelliantika Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pengembangan Puzzle Battle Interaktif Holografi Audio Visual bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mengembangkan kurikulum yang lebih relevan, dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan metode Scrum Development Process, yang memungkinkan pengembangan secara iteratif dan kolaboratif, sehingga setiap tahap pengembangan dapat dievaluasi dan disesuaikan secara terus-menerus. Metodologi yang diterapkan mencakup perancangan, pengembangan, dan evaluasi media pembelajaran holografi, dengan penekanan pada integrasi elemen audio visual untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih imersif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media holografi audio visual secara signifikan meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan, dan pemahaman materi oleh mahasiswa. Teknologi ini juga memungkinkan mahasiswa untuk mengalami konsep-konsep abstrak secara lebih nyata dan mendalam, yang membantu dalam pemahaman yang lebih baik. Selain itu, inovasi ini juga mendorong partisipasi aktif dari orang tua dalam proses pembelajaran anak. Kesimpulannya, pengembangan media pembelajaran holografi audio visual memberikan kontribusi positif dalam menciptakan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif bagi mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) PAUD, serta memperkaya pengalaman belajar mereka.


Keywords


holografi; audio visual; inovatif

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3337-3353
      

Article metrics

Abstract views : 85 | PDF views : 57

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adawiyah, R., Yuliastri, N. A., & ... (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru melalui pelatihan Strategi Pembelajaran Inovatif. JURNAL ABDI POPULIKA, 4(2), 76–81. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/abdipopulika/article/view/19300

Andipradana, A., & Hartomo, K. D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Algoritma. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.869

Azzahra, F. S., Amalia, S. K., & ... (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Asing di SDN Budigalih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3), 138–147. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3494

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(1), 329–338. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7943

Dirgantara, G. P. (2020). Pemanfaatan Strategi Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Multimedia. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1007–1021. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/36441

Fadli, R. I., Nugraha, A. S., Raharjo, R. P., & ... (2020). Model Pembelajaran Inovatif Guru SMA Abdul Hadi dengan Strategi Literasi. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ABIDUMASY/article/view/649

Hadi, I. A. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 4(2), 179–195. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/197

Iriaji, I., Husain, A. H., Ratnawati, I., Sari, N. M., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., & Aruna, A. (2023). Evaluasi usabilitas dan fungsionalitas perangkat lunak ruang kelas virtual reality untuk mata kuliah estetika konvensional menggunakan system usability scale dan black box testing. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 337–351. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RV3EkDYAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=RV3EkDYAAAAJ:j3f4tGmQtD8C

Iriaji, I., Taufani, A. R., Ratnawati, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Digital Infrastructure for Edusociopreneurship in Tempe Industry: Developing and Optimizing Communal Spaces. International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 5(1), 18–22. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8420

Jais, A. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Journal of Dharmawangsa University, IV (01), 1, 113–123. https://core.ac.uk/download/pdf/337317407.pdf

Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023a). Ecoprint Souvenirs Product Diversification Boost SME Competitiveness: Sanan Village Case Study. International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 5(1), 97–101. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8447

Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023b). Local Art Wall Decor: Development and Edusociopreneurship at TK Lab UM. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS), 5(1). http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8424

Risa, A. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 3(2), 25–50. http://eprints.umsida.ac.id/1018/

Rizky, M., & Sugiarti, Y. (2022). Pengunaan Metode Scrum Dalam Pengembangan Perangkat Lunak: Literature Review. Journal of Computer Science and Engineering (Jcse). https://doi.org/10.36596/jcse.v3i1.353

Tahyudin, I., & Sholihati, N. Z. I. (2022). Pengembangan Aplikasi Tiga-Tingkat Menggunakan Metode Scrum Pada Aplikasi Presensi Karyawan Glints Academy. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi). https://doi.org/10.29207/resti.v6i1.3793

Trihariyanto, S., Supriyanto, E., & ... (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam Dengan Media Powerpoint Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sdit Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas …. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 109–120. https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/11653

Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nuraini, S., & ... (2019). Strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1–16. https://core.ac.uk/download/pdf/298614465.pdf

Wibawanto, N. F., Astuti, Y. P., Winarsih, N. A. S., Saraswati, G. W., & Rohman, M. S. (2023). Sistem Permohonan Ijin Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Dengan Metodologi Scrum. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi. https://doi.org/10.36595/misi.v6i1.753

Wijatmiko, A., & Mahardhika, G. P. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Dengan Pendekatan Metode Scrum. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika). https://doi.org/10.31603/komtika.v6i2.7927

Wulansari, A. Y., Vega, B. L. A., Surya, E. P., Aruna, A., Marcelliantika, A., & Iriaji, I. (2023). Pengembangan Papan Edukasi Interaktif Muatan Kebudayaan Lokal Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Malang. Prosiding SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER Fakultas Ekonomi, 1, 121–133. https://journal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/1284


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.