MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPERLUAS AKSES PASAR DAN MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI PETANI TAMBAK DI DESA BONTOMATE'NE
Abstract
Program implementasi digital marketing untuk petani tambak di Desa Bontomate'ne, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemasaran dan kesejahteraan ekonomi komunitas petani tambak. Program ini dilaksanakan dengan metode pelatihan intensif dan pendampingan komprehensif selama sehari penuh, yang mencakup materi tentang strategi digital marketing, platform online, dan analisis data. Para peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung materi yang disampaikan dan berdiskusi dengan narasumber yang berpengalaman. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan strategi digital marketing. Para petani tambak mampu meningkatkan efisiensi pemasaran produk mereka, memperluas akses pasar, dan meningkatkan pendapatan. Program ini berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dengan menunjukkan efektivitas strategi digital marketing dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan ekonomi masyarakat. Program ini merupakan contoh penerapan konsep pembelajaran berbasis praktik dan kolaboratif, serta menekankan pentingnya peran pendidikan dalam mendorong kemajuan ekonomi di tingkat masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamka, M., Muktiadi, R., & Tukiran, -. (2023). Penerapan pemasaran digital pada panti asuhan muhammadiyah griya al falah purbalingga, jawa tengah. Jurnal Pengabdian Teknik Dan Sains (Jpts), 3(01). https://doi.org/10.30595/jpts.v3i01.16405
Hasanuddin, H., Mulyadi, M., Amrullah, A., Rahman, A., & Tardin, T. (2022). Penguatan manajemen dan sistem pemasaran usaha kuliner pasca pandemi covid-19 di desa telajung cikarang barat kabupaten bekasi. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(9), 709-716. https://doi.org/10.58344/locus.v1i9.568
Herman, B., Haslindah, H., Anwar, M. A., Mursalat, A., & Mutmainnah, M. (2023). Pemberdayaan bumdes melalui edukasi digital marketing dalam menghadapi persaingan usaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5333. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17584
Jatmiko, N. S. (2022). Strategi pemasaran ideal di era digital untuk meningkatkan penjualan produk umkm. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8955
Krisnawati, I., Ubaidi, I., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan kabupaten karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70-75. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838
Marbun, D. S. N. and Simanjuntak, M. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran umkm pariwisata di kabupaten toba indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1, 130-142. https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.125
Nirwana, N. Q. S. and Biduri, S. (2021). Implementasi digital marketing pada umkm di era revolusi industri 4.0 (study pada umkm di kabupaten sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1), 29. https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720
Rina, N. and Supratman, L. P. (2022). Pemberdayaan petani tanaman hias holtikultura binaan yayasan habim melalui implementasi digital marketing. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 1(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v1i2.17492
Wibawa, B. M., Bhawika, G. W., Bramanti, G. W., Putri, A. A., & Mardhotillah, R. R. (2020). Desain elemen branding dan implementasi digital marketing untuk penguatan citra destinasi benteng kedung cowek surabaya. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 335-345. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.611-623
Refbacks
- There are currently no refbacks.