EDUKASI PERAN ORANG TUA DALAM MENSKRINING DAMPAK PSIKOLOGIS BULLYING PADA ANAK

Nofrida Saswati, Dian Octavia, Kurniawati Kurniawati, Ratu Ayu Berliana, Cahaya Hidayati

Abstract


Perilaku perundungan (bullying) telah menjadi kebiasaan di sekolah, Tindakan bullying yang dilakakukan  secara fisik, verbal, psikososial dan melalui media sosial. Tindakan bullying dapat berdampak pada psikologis siswa seperti, malas sekolah, takut ke sekolah, cemas, khawatir yang berlebihan, depresi, stress, hangguan tidur, kesulitan belajar dan konsentrasi. Tujuan kegiatan ini agar orang tua mampu melakukan perannya sebagai orang tua dalam melakukan screening dampak psikologis bullying oada anak. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini menggunakan metode diskusi dan demontrasi dalam penyampai edukasi melalui media leaflet dan Power Point.  Evaluasi  dilakukan hanya satu kali pada saat post-test setelah dilakukan edukasi peran orang tua terhadap dampak psikologis anak, dengan menggunakan  screening peran orang tua melalui aplikasi smart screening.  Hasil didapatkan bahwa paling banyak peran orang tua baik sebanyak 22 orang (94,4%). Setelah diberikan edukasi peran orang tua dan pencegahan dampak psikologis bullying kegiatan edukasi ini dapat dijadikan program berkelanjutan yang diberikan oleh pihak sekolah kepada orang tua dan siswa.


Keywords


role of parents, psychological impact, bullying

Full Text:

PDF

References


Anshori MY , Saifullah AD, Sandhi A. (2018). Gejala Depresi pada Remaja Korban Bullying: A Scoping Review. Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas. 2 (3).

Bar-Zomer J, Brunstein Klomek A. (2018). Attachment to Parents as a Moderator in the Association Between Sibling Bullying and Depression or Suicidal Ideation among Children and Adolescents. Frontiers in Psychiatry. 12;9:72.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2022). Peran Orang Tua dalam Mencegah Perundungan. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/peran-orang-tua-dalam-mencegah-perundungan/. Diakses 27 Januari 2024.

Fikriyah S, Mayasari A , Ulfah , Arifudin (2022). Operan Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3 (1), 11-19.

Halim N , Susilawati, Dwigustini R. (2023). Edukasi Tindakan Pencegahan Cyber-Bullying Dan Pengenalan Istilah Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan Oleh Pelaku. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 736-743.

Hidayati, Laili Nur. (2021). Psychological Impacts On Adolescent Victims Of Bullying: Phenomenology Study. Media Keperawatan Indonesia, 70, 4 (3).

KPAI. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. Jakarta: https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak-tahun-2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022.

Oktaviani D, Ramadan ZH (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9 (3), 1245-1251.

Permendikbudristek.(2023). Permendikburistek RI Nomor 46 Tahun 2023. Kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Purwati, Japar M , Wardani S, Rohmayanti. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Orang Tua Untuk Mencegah Bullying Guna Mewujudkan Desa Layak Anak. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde, 1(2).

Rahma S, Setiawati, Wulandari H. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menghadapi Kasus Perundungan Melalui Komunikasi Positif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp, 6 (4).

Raraswati PA, Safitri D, Sujarwo S. (2024). Peran Orang Tua Dalam Meminimalkan Risiko Bullying Pada Anak-Anak. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1).

Sihombing W. (2024). Peran Orang Tua Terhadap Fenomena Bullying Pada Anak. DOI:10.13140/RG.2.2.17562.00960.

Soedjatmiko, dkk. (2013). Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sari Pediatri, Volume 15, No. 3.

Wang, L. (2021). The Effects of Cyberbullying Victimization and PersonalityCharacteristics on Adolescent Mental Health : An Application of the StressProcess Model. Youth and Society, 1–22. https://doi.org/10.1177/0044118X211008927z.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1302-1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.