PELATIHAN PENINGKATAN KESADARAN BERBAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK DI KEPULAUAN PARI JAKARTA

(1) * Tri Wintolo Apoko Mail (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia)
(2) Arum Fatayan Mail (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia)
(3) Berlin Tirta Wening Firdausya Mail (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dilaksanakan di SDN Satu Atap Pulau Pari. Kegiatan ini dilakukan dalam peningkatan kesadaran berbahasa Inggris bagi anak-anak di Pulau Pari. Hal tersebut dapat dilakukan agar anak-anak di Pulau Pari dapat mempersiapkan dirinya untuk masa depan dimana dilihat dari kondisi Pulau Pari yang menjadi destinasi wisata di Jakarta. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode observasi partisipatif pada Sekolah Dasar. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan dan observasi sehingga pendampingan belajar Bahasa Inggris ini mendapat presentase 40% puas dan 60% sangat puas dari anak-anak di sekolah tersebut. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pendampingan belajar Bahasa Inggris sangat diminati dan disenangi oleh anak-anak di Pulau Pari.


Keywords


Bahasa Inggris, Peningkatan Kesadaran, Pulau Pari

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.1939-1943
      

Article metrics

Abstract views : 293 | PDF views : 351

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Asmin, A. I. (2015). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 02, 191–197.

Bahukeling, T. S., Hubeis, M., & Trilaksana, W. (2019). Analisis Dampak Pariwisata Bahari Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar. Jurnal Manajemen IKM, 14(2), 152–159.

Fatayan, A., & A. Ghani, R. (2022). Pendidikan Berkeadaban.

Fatayan, A., Ghani, A. R. A., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (n.d.). The Dynamics of Learning Loss for Elementary Students Jakarta in the New Normal. 23(6), 196–204.

Ghani, A. R. A., Fatayan, A., Azhar, N. C., & Ayu, S. (2022). Evaluation of technology-based learning in an Islamic school. 20(3), 190–195.

Marganingrum, D., & Sudrajat, Y. (2018). Estimasi Daya Dukung Sumber Daya Air di Pulau Kecil (Studi Kasus Pulau Pari). Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 6(3), 164. https://doi.org/10.14710/jwl.6.3.164-182

Nur, H. (2014). Ibnu Sina Institutes for Fundamental Science Studies. In Integrating Knowledge with Science and Religion.

Sari, S. N., & De Fretes, M. D. (2021). Pengembangan Pariwisata Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Masyarakat Di Pulau Pari Kepulauan Seribu. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 2(2), 6–12. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.1384

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Zulfania Arrahma, F., Mutiara, M., & Alfarisy, F. (2022). Kesadaran Mahasiswa Bahasa Asing Akan Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2167–2175. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.505


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.