OPTIMALISASI PENGGUNAAN PLATFORM SOSIAL MEDIA TIKTOK, INSTAGRAM, DAN YOUTUBE DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK UMKM SECARA DIGITAL

(1) * Riski Hernando Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(2) Fitrini Mansur Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(3) Eko Prasetyo Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(4) Primadi Prasetia Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(5) Deri Rezky Brimer Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(6) Ali Akbar Syariz Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berkolaborasi dengan pihak narasumber dari KOPI PAMAN dalam memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat Tanjung Johor terkait optimalisasi penggunaan platform social media Tiktok, Instagram dan Youtube dan menumbuhkembangkan hasil Produk UMKM mereka. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sampel penelitian berjumlah lebih kurang 30 Masyarakat di Kelurahan Tanjung Johor. Lokasi pelaksanaan pengabdian juga dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tanjung Johor. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Kelurahan Tanjung Johor sangat antusias dalam mengikuti pelatihan serta mereka sangat puas atas materi yang diberikan. Feedback bagi tim pengabdian berupa permintaan ulang agar pelaksanaan pengabdian ini dapat dilaksanakan kembali tahun depan.


Keywords


Digital Marketing; Platform Sosial Media; UMKM

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i2.383-388
      

Article metrics

Abstract views : 1066 | PDF views : 353

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Alam, I. A., & Dunan, H. (2019). MSMEs empowerment and development strategy model. Review of Integrative Business and Economics Research, 8, 324.

Arisanty, Melisa, Gunawan Wiradharma, and Isma Fiani. "Optimizing Social Media Platforms as Information Disemination Media." Jurnal ASPIKOM 5.2 (2020): 266-279.

Hernando, R., Rafiqi, R., Hendriyaldi, H., Hastuti, D., & Sukmawati, N. (2022). Home industry development through digital marketing with canva application optimization. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 557-570.

Johnson, A. (2018). "Empowering Small Businesses: Government Initiatives for the Growth of MSMEs." Journal of Economic Development, 25(2), 123-145.

Mansur, F., Hernando, R., & Prasetyo, E. (2023). Factors Affecting MSME Taxpayer Compliance: Tax Sanctions As Moderation: English. Jurnal Akuntansi, 27(1), 136-156.

Pratiwi, N. E., Latuny, J., & Kaitelapatay, B. G. (2023). Social media optimization as an advertising tool for business development. Jurnal Mantik, 6(4), 3846-3853.

Rafiqi, R., Hernando, R., Hendriyaldi, H., Widiastuti, F., & Hastuti, D. (2022). Pendampingan Digital Marketing Berbasis Syariah Produk Anyaman Bahan Baku Tanaman Resam Desa Maro Sebo, Jambi. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3816-3821.

Safelia, N., & Hernando, R. (2023). Determinants Affecting Taxpayer Compliance. Jurnal Akuntansi, 27(2), 261-280.

Singh, P., & Singh, D. (2014). Technology development in MSMEs. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM), 3(3), 164-170.

Smith, B. L. (2020). "The Role of Micro, Small, and Medium Enterprises in Local Economic Development." International Journal of Business Studies, 35(4), 567-582.

Tambunan, T. T. (2021). UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.