 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(2) Dwi Gemina
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(3) Ade Budi Setiawan
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(4) Tun Susdiyanti
 (Universitas Nusa Bangsa, Indonesia)
 (Universitas Nusa Bangsa, Indonesia)(5) Wawi Wawi
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(6) M. Zainil Muhsin
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(7) Andika Haikal Fikri
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(8) Rafly Damar Sandi
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(9) Jihad Fikri
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)(10) M. Prima Jaya
 (Universitas Djuanda, Indonesia)
 (Universitas Djuanda, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenguatan dan pendampingan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kanekes Baduy memiliki nilai signifikan dalam menjaga warisan budaya dan meningkatkan ekonomi lokal. Penguatan UMKM diarahkan untuk mengembangkan aspek produksi, manajemen, dan pemasaran dengan mempertimbangkan nilai-nilai budaya lokal. Sementara itu, pendampingan dengan membuatkan logo usaha serta pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini meliputi wawancara dan berdiskusi langsung dengan UMKM perihal masalah-masalah yang dihadapi dan cara penyelesaiannya. Dengan demikian, upaya penguatan dan pendampingan UMKM di Desa Kanekes Baduy menghasilkan dampak positif dalam mencapai kesejahteraan lokal dan pelestarian tradisi. KeywordsPenguatan UMKM Melalui Pendampingan | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v7i1.%25p | Article metricsAbstract views : 492 | PDF views : 132 | Cite | Full Text Download | 
References
Analia, D., Syaukat, Y., Fauzi, A., & Rustiadi, E. (2019). Modal Sosial (Jaringan) Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 108–117.https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.11.
Ayodya, W (2020). UMKM 4.0 Jakarta: Penerbit Rajawali Press.
Gumilang, RR (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Koopetisi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Ismanto. (2020). Manajemen Pemasaran I Ed Tanggerang: Unpam Press.
Mansir, F., & Tumin. (2022). Pemberdayan UMKM Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk Di Padukuhan Dukuhsari Wonokerto Turi Sleman . Jurnal Pengabdian Nusantara , 656-664.
Nurjanah, A., & Sakir. (2021). Pemberdayan UMKM Payak Santoso Imogiri Bantul Melalui Digital Marketing. Yogyakarta Jurnal Pengabdian Masyarakat Membangun Negri.
Tafrilyanto, Septi & Sri (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Branat Tinggi, Tlanka, Pemaksan Madura. Junal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sayekti, Intan & Shofwan. (2022). Pendampingan Pembuatan E-Commerce dalam produk UMKM Koyo Coffe Desa Bareng Kecmatan Bareng Kabupaten Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Tjipotono, F., & Dian, A. (2020). Pemasaran Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Wow. (2019). Manajemen dari Fungsi Dasar ke Inovasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




