PENGUATAN UMKM BERBASIS DIGITAL DAN KEARIFAN LOKAL DESA KANEKES LEUWIDAMAR LEBAK BANTEN

(1) * Endang Silaningsih Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(2) Dwi Gemina Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(3) Ade Budi Setiawan Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(4) Tun Susdiyanti Mail (Universitas Nusa Bangsa, Indonesia)
(5) Wawi Wawi Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(6) M. Zainil Muhsin Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(7) Andika Haikal Fikri Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(8) Rafly Damar Sandi Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(9) Jihad Fikri Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
(10) M. Prima Jaya Mail (Universitas Djuanda, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penguatan dan pendampingan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kanekes Baduy memiliki nilai signifikan dalam menjaga warisan budaya dan meningkatkan ekonomi lokal. Penguatan UMKM diarahkan untuk mengembangkan aspek produksi, manajemen, dan pemasaran dengan mempertimbangkan nilai-nilai budaya lokal. Sementara itu, pendampingan dengan membuatkan logo usaha serta pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini meliputi wawancara dan berdiskusi langsung dengan UMKM perihal masalah-masalah yang dihadapi dan cara penyelesaiannya. Dengan demikian, upaya penguatan dan pendampingan UMKM di Desa Kanekes Baduy menghasilkan dampak positif dalam mencapai kesejahteraan lokal dan pelestarian tradisi.


Keywords


Penguatan UMKM Melalui Pendampingan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i1.%25p
      

Article metrics

Abstract views : 492 | PDF views : 132

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Analia, D., Syaukat, Y., Fauzi, A., & Rustiadi, E. (2019). Modal Sosial (Jaringan) Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 108–117.https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.11.

Ayodya, W (2020). UMKM 4.0 Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Gumilang, RR (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Koopetisi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Ismanto. (2020). Manajemen Pemasaran I Ed Tanggerang: Unpam Press.

Mansir, F., & Tumin. (2022). Pemberdayan UMKM Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk Di Padukuhan Dukuhsari Wonokerto Turi Sleman . Jurnal Pengabdian Nusantara , 656-664.

Nurjanah, A., & Sakir. (2021). Pemberdayan UMKM Payak Santoso Imogiri Bantul Melalui Digital Marketing. Yogyakarta Jurnal Pengabdian Masyarakat Membangun Negri.

Tafrilyanto, Septi & Sri (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Branat Tinggi, Tlanka, Pemaksan Madura. Junal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sayekti, Intan & Shofwan. (2022). Pendampingan Pembuatan E-Commerce dalam produk UMKM Koyo Coffe Desa Bareng Kecmatan Bareng Kabupaten Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tjipotono, F., & Dian, A. (2020). Pemasaran Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Wow. (2019). Manajemen dari Fungsi Dasar ke Inovasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.