PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERENCANAAN STRATEGIS PENGEMBANGAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

(1) * Istikomah Istikomah Mail (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia)
(2) Dzulfikar Akbar Romadlon Mail (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia)
(3) Ainun Nadlif Mail (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Lembaga pendidikan dalam mewujudkan cita-citanya memerlukan perencanaan yang efektif. Hal tersebut berfungsi sebagai pengendali dalam menjalankan program-program sekolah yang bertujuan untuk menjadi sekolah yang bermutu dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya. MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu sebagai lembaga pendidikan dibawah persyarikatan Muhammadiyah sudah sepatutnya mengembangkan visi persyarikatan Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjadi sekolah yang bermutu sehingga dapat mencetak kader-kader Muhammadiyah yang berkualitas, namun MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu belum memiliki rancangan strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Supaya MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu memiliki perencanaan strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang yang dapat dijadikan sebagai pengendali dalam menjalankan program-program sekolah, maka diperlukan pelatihan dan pendampingan pembuatan perencanaan strategis. Hasil dari pendampingan diharapkan mampu membantu sekolah dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita lembaga.


Keywords


rencana strategis, pengembangan sekolah, mutu pendidikan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2730-2736
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ambarwati, A. (2019). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative.

Amon, L., & Harliansyah, H. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah KejuruanNo Title. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147–162.

David, F. R. (2011). Strategic Management (Edisi 12). Salemba Empat.

Kelkay, A. . (2020). School principals’ and supervisors’ leadership practices in teachers’ continuous professional development program: in secondary school of Bahir Dar city, Ethiopia. International Journal of Leadership in Education, 23(4), 415–427.

Lorensius, L., Anggal, N., & Lugan, S. (2022). Academic Supervision in the Improvement of Teachers’ Professional Competencies: Effective Practices on the Emergence. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2).

Mensah, J. (2019). Sustainable development: Meaning, history, principles, pillars, and implications for human action: Literature review. Cogent Social Sciences, 3(1).

Sallis, E. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta Diva Press.

Warman, W., Harliansyah, H., Priyandono, L., & Amon, L. (2021). The Influence of Class Management and Teacher’s Work Ethic on the Effectiveness of Learning at the Samarinda City Vocational High School. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 10437– 10447.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.