ANALISIS SOAL-SOAL REDOKS BERDASARKAN TINGKAT PEMAHAMAN TAKSONOMI BLOOM

(1) * Santria Petrus Manullang Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Julia Maulina Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Wildawani Siregar Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Analisis butir soal merupakan kegiatan pengkajian tes untuk mendapatkan perangkat pertanyaan yang memiliki karakteristik yang sesuai. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui distribusi tingkat pemahaman soal-soal redoks di dalam keseluruhan soal dan untuk menghitung besaran distribusi soal-soal Redoks antara Buku sekolah dan LKS dengan ujian akhir nasional, ujian SBMPTN, dan olimpiade sains nasional berdasarkan tingkat pemahaman Taksonomi Bloom. Jenis studi ini adalah penelitian perpustakaan dengan memakai pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan sumber dari Buku Kimia Kelas 12, LKS Kimia Kelas 12, ujian nasional 2015-2019, ujian masuk perguruan tinggi 2016-2019, dan Olimpiade sains nasional 2016-2019. Hasil penelitian menunjukkan soal-soal yang ada di sekolah lebih mudah dibandingkan dengan soal-soal ujian di luar sekolah. Besaran distribusi keseluruhan soal-soal redoks Tingkat pemahaman C1 (12 poin soal), C2 (10 poin soal), C3 (6 poin soal) lebih banyak di Buku dan LKS kelas 12. Sedangkan Tingkat pemahaman C4 (17 butir soal), C5 (7 butir soal) lebih banyak di ujian akhir nasional, ujian SBMPTN, dan olimpiade sains nasional.


Keywords


Analisis Soal, Soal Reaksi Oksidasi dan Reduksi, Taksonomi Bloom.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 13 | PDF views : 5

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Andraini MR, Rohiat S, Elvia R. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI (REDOKS) DI MAN 1 KOTA BENGKULU. Alotrop. 2021;5(1):35–41. doi:10.33369/atp.v5i1.16484

Elviana, “Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anatesâ€, Jurnal Mudarrisuna, Volume 10, Nomor 2, 2020.

Eva Nauli Taib, “Analisis Kualitas Aspek Materi Butir Soal Buatan Dosenâ€, Jurnal Biotik, ISSN: 2337-9812, Vol. 2, No. 2, Ed. September 2014

Heni Handayani, “Tes Hasil Belajar Pada Sekolah Luar Biasaâ€, Jurnal Rencana Pengembangan Pembangunan Pendidikan, ISBN: 978-623-6510-24-7, 2020,

Inti Fadah Fauziah, Abdussamad, Paternus Hanye, “Kualitas Butir Soal Pada Buku Detik detik Ujian Nasional Bahasa Indonesia Terbitan Intan Pariwaraâ€, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume 3, Nomor 2, 2014.

Masruroh CA, VH Susanti E, Mulyani S. Analisis Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia berdasarkan Tingkat Berpikir dan Dimensi Pengetahuan di SMAN 1 Kebumen Tahun 2019 dan 2020. J Pendidik Kim. 2022;11(1):6–14.

Nurahma R, Susanta A, Susanto E. Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Pendamping Matematika Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Didact Math. 2021;3(2):29–40. doi:10.31949/dm.v3i2.1511

Pardiana. Soal Kimia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( Sbmptn ) Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Published online 2020.

Sari, N. P., & Utami, B. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Redoks Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia.

Syahriandi, “Kualitas Butir Soal Ujian Ditinjau dari Segi Bahasa (Analisis Kualitatif Butir Soal)â€, Visipena Journal, Volume 8 No. 1 Januari-Juni 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.