 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)(2) Angelika Naibaho
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)(3) Enzelly Nurlaylly
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)(4) Josua Purba
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)(5) Kanya Saragih
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)(6) Chairunisah Chairunisah
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
 (Universitas Negeri Medan, Indonesia)*corresponding author
| AbstractKecelakaan lalu lintas ialah peristiwa yang terjadi di jalan raya yang melibatkan pengendara dan pemakai jalan lain, yang dapat berakibat kerugian materi, cedera hingga korban jiwa. Faktor-faktor yang memengaruhi kecelakaan lalu lintas meliputi kondisi jalan, perilaku pengemudi, keadaan kendaraan, dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Penelitian ini membahas penggunaan analisis regresi berganda dalam menganalisis jumlah kecelakaan lalu lintas, dengan memanfaatkan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 26. Analisis regresi berganda dipergunakan dalam rangka menganalisis pengaruh tiap-tiap variabel independent. Data yang diergunakan dan kemudian diolah ialah data dari POLANTAS Kotamadya Medan. Persamaan regresi yang dihasilkan dari IBM SPSS yaitu Y=30,167+1,073 X1+0,965 X2+0,201 X3-0,012 X4. Persentase determinasi yang dihasilkan adalah 88,9% jumlah kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut. Keywordsnalisis regresi berganda, SPSS, kecelakaan lalu lintas | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.156-162 | Article metrics10.31604/eksakta.v10i1.156-162 Abstract views : 2 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
References
Alfandianto, A., Cosmas, E. S., & Fidelis, N. D. P. (2021). Analisis Regresi Linier Guna Mengetahui Pengaruh Tingkat Kematian Kecelakaan Lalu Lintas Terhadap Faktor Mabuk. SAINTEK: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Industri, 5(1), 47-51.
Amalia, R., Syaidatussalihah, & Abdurahim. (2023). Analisis Data Penelitian Kesehatan: Perbandingan Hasil antara SmartPLS, R dan IBM SPSS. Jurnal Sekawan, 1(1), 17-22.
Fridayanti, V. D., & Dwi, P. (2019). Model Hubungan antara Angka Korban Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebab Kecelakaan pada Jalan Tol Purbaleunyi. RekaRacana: Jurnal Teknik Sipil, 5(2), 124-132.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Magfirona, A., Nurul Hidayati., dkk. (2020). Pemodelan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kalangan Pelajar Di SMA Negeri 2 Cepu. Simposium Nasional RAPI XIX, ISSN 1412-9612.
Maulana, I., Rachmat, M., & Abdul, R. (2024). Model Regresi Linier Pengaruh Standar Teknis Jalan Terhadap Kecelakaan (Studi Kasus: Ruas Jalan Pemalang-Purbalingga). Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 29(1), 69-74.
Sungkawa, I. (2013). Penerapan Analisis Regresi Dan Korelasi Dalam Menentukan Arah Hubungan Antara Dua Faktor Kualitatif Pada Tabel Kontingensi. Jurnal Mat Stat, 13(1), 33–41.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 




