 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(2) Wildawani Siregar
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(3) Siti Aisyah
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik melalui penerapan pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika pada materi Polinomial di kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan pada semester ganjil yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan pendekatan TaRL pada materi Polinomial. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik pada materi Polinomial saat diterapkan pendekatan TaRL, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan Pendekatan TaRL. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,95 sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,15 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan pemecahan masalah I di siklus I persentase ketuntasan hanya 42,85% (15 orang peserta didik) dengan rata-rata 63,23 dan pada siklus II menjadi 85,72% (30 orang peserta didik) dengan nilai rata-rata 81,1. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 80%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan TaRL pada materi Polinomial di kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan dapat meningkatkan kemampuan pemacahan masalah matematika peserta didik. KeywordsPendekatan TaRL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.149-155 | Article metrics10.31604/eksakta.v10i1.149-155 Abstract views : 3 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Mathematics Education Journal, 2(2), 62 - 63.
Banerjee, A. V., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2007). "Remedying education: Evidence from two randomized experiments in India." Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235- 1264.
Dalimunthe, Z. (2019). Identifikasi Kendala dan Masalah dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 9.
Duflo, E., Dupas, P., & Kremer, M. (2020). "Education and development: The case of Kenya."American Economic Journal: Applied Economics, 12(2), 1-28.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model - Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.
Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 2.
Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Barisan. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 155.
Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model LAPS-Heuristic Di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Journal Mathematics Paedagogic, 2(1), 33.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 




