MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TARL PADA MATERI POLINOMIAL DI SMAN 3 MEDAN

(1) * Mila Sari Tanjung Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Wildawani Siregar Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Siti Aisyah Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik melalui penerapan pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika pada materi Polinomial di kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan pada semester ganjil yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan pendekatan TaRL pada materi Polinomial. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik pada materi Polinomial saat diterapkan pendekatan TaRL, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan Pendekatan TaRL. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,95 sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,15 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan pemecahan masalah I di siklus I persentase ketuntasan hanya 42,85% (15 orang peserta didik) dengan rata-rata 63,23 dan pada siklus II menjadi 85,72% (30 orang peserta didik) dengan nilai rata-rata 81,1. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 80%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan TaRL pada materi Polinomial di kelas XI 1-4 SMAN 3 Medan dapat meningkatkan kemampuan pemacahan masalah matematika peserta didik.

Keywords


Pendekatan TaRL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.149-155
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i1.149-155 Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Mathematics Education Journal, 2(2), 62 - 63.

Banerjee, A. V., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2007). "Remedying education: Evidence from two randomized experiments in India." Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235- 1264.

Dalimunthe, Z. (2019). Identifikasi Kendala dan Masalah dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 9.

Duflo, E., Dupas, P., & Kremer, M. (2020). "Education and development: The case of Kenya."American Economic Journal: Applied Economics, 12(2), 1-28.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model - Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 2.

Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Barisan. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 155.

Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model LAPS-Heuristic Di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Journal Mathematics Paedagogic, 2(1), 33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.