 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)(2) Syahruddin Aritonang
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)(3) Nurhasana Nurhasana
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)(4) Fitri Agustina Lubis
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)(5) Fatma Suryani Harahap
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran fisika. Seperti yang diketahui bahwa pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis teka-teki silang (TTS) menggunakan crossword labs untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D (Four D Model), yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminatte). Hasil dari penelitian pengembangan ini memperoleh hasil validasi ahli materi rata-rata 3,7 dan persentase 92,5% dengan kategori “sangat validâ€. Hasil validasi ahli media rata-rata 3,8 dan persentase 94,5% dengan kategori “sangat validâ€. Hasil validasi ahli bahasa rata-rata 3,7 dan persentase 91,8% dengan kategori “sangat validâ€. Hasil respon guru terhadap praktikalitas modul rata-rata 3,7 dan persentase 92,5% dengan kategori “sangat praktisâ€. Hasil respon siswa terhadap praktikalitas modul rata-rata 88,9 dan persentase 88,9% dengan kategori “sangat praktisâ€. Hasil belajar siswa rata-rata 88,26 dan persentase 88,26% dengan kategori “sangat efektifâ€. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis teka-teki silang (TTS) menggunakan crossword labs untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. KeywordsLearning Outcomes, Module, Crossword Puzzle (TTS) | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.100-105 | Article metrics10.31604/eksakta.v10i1.100-105 Abstract views : 4 | PDF views : 1 | Cite | Full Text Download | 
References
Ariwibowo, (2018). Evektitivitas Permainan Teka-teki Silang. Jurnal Pendidikan Tambusai (JPT). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lubis, A. M., & Rambe, A. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG. RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 104-109.
Maharani, D. A., & Rahmawati, I. (2019). Peningkatan Efekktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. 3(2), 151–158.
Rahmi, (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkattkan Hasil Belajar Siswa. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 114. https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29382
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763. Inspiratif Pendidikan, VI(2),
–335.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: ALFABETA
Sujana, (2019). Pengertian Pendidikan. Repository Unja. Universitas Jambi.
Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 




