ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI DERIVATIF PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

(1) * Angelica Dameria Sitinjak Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Angelika Naibaho Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(3) Gabriel Sinaga Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(4) Johanna Dameria Gracia Silalahi Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(5) Elfitra Elfitra Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan yang dimiliki penelitian ini yaitu untuk mengkaji jenis kesalahan yang terjadi dialami oleh mahasiswa menyelesaikan soal turunan pada mata kuliah Analisis Real. Penelitian ini berfokus pada klasifikasi jenis kesalahan merujuk pada terori Newman Error Analysis, melihat pola kesalahan yang paling sering dilakukan, serta menganalisis faktor penyebab kesalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran pada mata kuliah Analisis Real. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri medan kelas A dan B PSPM 2021 Program Studi Pendidikan Matematika. isntrumen yang digunakan adalah tes uraian mata kuliah Analisis Real yang disebarkan melalui Google Form. Data dianalisis berdasarkan kategori kesalahan menurut Newmann Error Analysis. Mahasiswa kerap mengalami kesulitan untuk memahami ide-ide dan menggunakannya dalam praktik, terutama saat melakukan pembuktian matematis. Kesalahan yang sering terjadi meliputi kesalahan dalam membaca, memahami informasi, mentransformasikan konsep, keterampilan prosedural, dan dalam menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pengajaran materi turunan perlu lebih menekankan pada pengembangan pemahaman konseptual dan penalaran matematis mahasiswa. Metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis masalah dapat membantu mahasiswa dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi. Selain itu, hasil analisis kesalahan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi para pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang lebih tepat guna demi meningkatkan mutu pengajaran.

Keywords


Analisis Real, Turunan, Analisis Kesalahan Newman, Kesalahan Mahasiswa

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.113-120
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.113-120 Abstract views : 10 | PDF views : 2

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Khotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 123-130.

Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif pada Mata Kuliah Analisis Real. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 128-135.

Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 81-90.

Ratu, E. N., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan Parsial . RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 39-46.

Susilowati, E. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Lanjut dengan Eka's Error Analysis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 55-72.

Takaendengan, B. R., Anwar, A., Takaendengan, W., & Kobandaha, P. E. (2022). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real Berdasarkan Newmann's Error Analysis. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 235-243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.