EFEKTIVITAS PERMAINAN JUMPTRIX DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS III SDN 13 KUBU GULAI BANCAH

(1) * Muhammad Yazid Azdawi Mail (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(2) Adzkia Diva Ramadhani Mail (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(3) Cindy Rachma Yuniza Mail (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(4) Laila Ainurrahmah Harahap Mail (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(5) Muhammad Yusuf Mail (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi perkalian dasar. JumpTrix merupakan media interaktif berbasis permainan tradisional engklek yang dirancang dengan pendekatan multisensoris, mencakup visual, auditori, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Sebanyak sembilan siswa kelas III SD diikutsertakan sebagai sampel melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir menggunakan soal perkalian dasar. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan distribusi data yang memenuhi syarat untuk uji parametrik. Analisis menggunakan Paired Sample t-Test memperlihatkan adanya peningkatan skor yang signifikan setelah perlakuan (t = -2,884; p = 0,020) dan hubungan yang sangat kuat antara pre-test dan post-test (r = 0,910; p = 0,001). Kesimpulan dari temuan ini menunjukkan bahwa JumpTrix efektif sebagai media pembelajaran kontekstual yang mendukung proses belajar matematika dasar secara menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak.

Keywords


JumpTrix, perkalian dasar, permainan tradisional, gaya belajar, siswa sekolah dasar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 13 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: a guide for non statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486–489. https://doi.org/10.5812/ijem.3505

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lestari, D. W. (2019). “Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN I Ngestirahayuâ€. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Novita, L., Elly, S., Mahesa, Y. P. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. ISSN : 2597-4866.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Priatna, N. & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD (N. Muliawati, N, & P. Latifah (eds.); Cetakan-1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro–Wilk, Kolmogorov Smirnov, Lilliefors and Anderson–Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33.

Rosaline, D., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2024). Penggunaan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 653-658.

Saniati, L., Aries, Y., Bernadette, N. S. (2005) Psikologi Eksperimen. Indonesia: PT Intan Sejati Klaten.

Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 53-64.

Sovia, M. A., & Farah, F. T. (2023). Kualitas pertemanan dan kohesivitas pada mahasiswa anggota komunitas virtual di bidang kesehatan menctal. Jurnal Psikologi, 16(1), 23 39. DOI : 10.35760/psi.2023.v16i1.6910.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: ALFABETA, cv

Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas permainan tradisional engklek dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 19-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.