
(2) Suparni Suparni

(3) Almira Amir

*corresponding author
AbstractKemampuan literasi matematika siswa di MTsN 1 Tapanuli Selatan masih rendah, terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan siswa kurang memahami konsep matematika dan kesulitan mengaitkan informasi dengan konsep yang relevan. Hal ini diperparah oleh media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Flipbook berbantuan Canva yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validasi oleh ahli menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 95% (sangat valid), kepraktisan oleh guru dan siswa sebesar 90% (sangat praktis), serta efektivitas berdasarkan peningkatan skor pretest dari 15,65 menjadi 60,70 (efektif). Kebaruan penelitian ini terletak pada penggunaan Canva dalam pengembangan Flipbook berbasis konteks kehidupan nyata di jenjang MTs. Hasil penelitian menunjukkan media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kontribusinya adalah menyediakan solusi konkret berupa media digital yang inovatif dan kontekstual untuk meningkatkan literasi matematika siswa, serta menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran yang mendukung kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari.
KeywordsFlipbook, Canva, Literasi Matematika, R&D, Media Pembelajaran
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.94-100 |
Article metrics10.31604/eksakta.v10i2.94-100 Abstract views : 18 | PDF views : 3 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.
Andini, F., Masyihtoh, R., Daulay, N. J., Mawaddah, P., & Rafiah, H. N. (2024). Pengaruh pelayanan konseling terhadap minat belajar matematika siswa di MAN 1 Medan. Effect: Jurnal Kajian Konseling, 3(3).
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. https://doi.org/10.1007/978 0-387-09506-6
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Han, W., et al. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/Materi-Pendukung-Literasi-Numerasi Rev.pdf
Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (AKM): An effort to photograph numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14. https://doi.org/10.20961/jmme.v11i1.52742
Ikashaum, F., Sulastri, W., & Azizah, I. N. (2022). Contextual mathematics teaching materials: Flipbook, Liveworksheet, YouTube. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.15686
Izzatin, M., et al. (2022). Pengembangan literasi numerasi siswa melalui soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes 630–634.
Jailani, J., et al. (2020). Mathematical literacy proficiency development based on content, context, and process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Pangestu, A. D. (2024). Pengembangan media interaktif berbantuan Canva pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2023/2024. Universitas Widya Dharma, 4.
Pranoto, I., Budhi, W. S., & Gunawan, H. (2023). Hasil PISA 2022, matematika Indonesia masih stagnan. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/637150/hasil pisa-2022-matematika-indonesia-masih-stagnan
Rahmawati, Y., Komariah, K., & Kurniawan, D. T. (2022). The development of flipbook based on the ADDIE model in science learning for elementary school students. International Journal of Learning and https://doi.org/10.26418/ijli.v4i2.59356 Instruction (IJLI), 4(2), 56.
Selvia, S., Suratman, D., & Hartoyo, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan flipbook dikaitkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–13. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8269
Setia, J., & Aulianshah, N. S. (2025). Pengaruh teknologi di bidang pendidikan pada era digitalisasi untuk kualitas pembelajaran di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya, 9(1), 224–235. Siregar, T. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis blended learning dengan memanfaatkan Google Classroom pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Journal of Innovative Science Education, 8.
Utami, N. R. A., Iskandar, S., & Nuraeni, F. (2024). Pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media flipbook terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(September), 1802.
Wangi, G. S., & Bukhori, I. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v5i1.1882
Yusrini, H., et al. (2023). Media digital untuk pembelajaran. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Refbacks
- There are currently no refbacks.