
(2) Seri Asmaidah Nasution

*corresponding author
AbstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia, khususnya pendidikan. Dalam proses pembelajaran pendidikan, media pembelajaran merupakan salah satu kunci yang sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Beragamnya media pembelajaran membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi. Akan tetapi, media pembelajaran yang digunakan juga menyesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan. Tidak sedikit peserta didik yang tinggal di rumah dengan kondisi kelas yang melaksanakan pembelajaran yang sama setiap harinya. Tentu saja hal ini tidak lepas dari hasil belajar peserta didik. Pendidik perlu mendorong pembelajaran agar lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Banyak orang cenderung memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi melalui internet. Selain itu, banyak juga orang yang mengisi waktu luangnya dengan permainan. Aplikasi media Tracker dapat menjadi salah satu alternatif. Tracker dapat menjadi media pembelajaran dan permainan dengan bantuan koneksi internet. Tracker juga dapat membangkitkan minat dan mendorong gaya belajar generasi digital. Pengaruh penggunaan aplikasi tracker ini terhadap pemahaman konsep peserta didik sebesar 55,0% pada kelas eksperimen dan 48,2% pada kelas kontrol.
KeywordsAplikasi Pelacak, Pemahaman Konsep, Gerak Lurus
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p |
Article metrics10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 10 | PDF views : 2 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Agusta, R., & Wahyuni, E. (2023). Bullying dalam Drama Korea (Analisis Resepsi dalam Drama Korea True Beauty 2020). MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 98–110. https://doi.org/10.54259/mukasi.v2i1.1489
Atira, S., & Hasmira, M. H. (2022). Persepsi Mahasiswa Universitas Negeri Padang Tentang Kebudayaan Masyarakat Korea Pasca Menonton Tayangan Drama Korea. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi danPendidikan, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v5i1.598 5(1), 85–93.
Fadhila, N., Hikmah, & Fardinah. (2022). Model Epidemi SEIEDR Perilaku Kecanduan Drama Korea. Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, 10(2).
Jannah, S. R., Khoirunnisa, Z., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Korean Wave Dalam Fashion Style Remaja Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 1(3), 11 20. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i3.219
Kurniawati, S., & Pratiwi, R. Z. (2021). Drama Korea dan Imitasi Gaya Hidup: Studi Korelasi pada Mahasiswa KPI IAIN Surakarta. Academic Journal of Da’wa and Communication, 2(2). https://doi.org/10.22515/ajdc.v2i2.3364 EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA│ 78 Vol 10 No 2 Tahun 2025 Hal 68–79
Muhlisiun, A. (2025). Candu Drama Korea : Sinematik, Media Sosial dan Air Mata. Journal of Art, Film, Television, Animation, Games and Technology, 4(1), 10–17.
Mohajan, H. K. (2020). Quantitative Research: A Successful Investigation in Natural and Social Sciences. Journal of Economic Development, Environment and People, 9(4), 52-79.
Nurhayati, I., Kurniawan, P. Y., & Nisa, H. U. (2022). Pengaruh Film Drama Korea Terhadap Penggunaan Bahasa Mahasiswa FKIP Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 164–170. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6982258
Rahayu, T. S., Wahyudi, R. C. I., Haqiqi, R. F., Lestari, R. A., Kamilah, T. I., & Anzari, P. P. (2021). Pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(8), 959–966. https://doi.org/10.17977/um063v1i8p959-966
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sari, N. C., & Paksi, A. K. (2023). Kebijakan Green Growth dan Inisiatif Ramah Lingkungan: Kontribusi Korea Selatan dalam Mengurangi Dampak Negatif Industrialisasi terhadap Lingkungan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 11341 11355.
Sukmana, E. A., Firmansyah, & Panjaitan, D. J. (2024). Analisis Kecanduan Menonton Youtube pada Anak Balita Menggunakan Model SEIEdR. Majalah Ilmiah Methoda, 14, 157–165. https://doi.org/10.46880/methoda.Vol14No2.pp157-165
Wafa, S. A., & Yulianti. (2022). Gambaran Kualitas Tidur Dewasa Awal yang Kecanduan Menonton Drama Korea. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 6(2).
Wahyuni, R. S., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Dominasi Eksistensi Drama Korea Dibanding Drama Lokal. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 12(2). https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i2.9623
Yunita, D. A. (2022). Efektivitas Teknik Self-Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Meminimalisir Perilaku Kecanduan Menonton Drama Korea Pada Mahasiswa Bk Angkatan 2017 Fkip Ulm. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 5(4), 195 204.
Refbacks
- There are currently no refbacks.