PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

(1) * Nur Jannah Daulay Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Mariam Nasution Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(3) Anita Adinda Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki anak-anak adalah literasi numerasi, yang mencakup kapasitas untuk memahami dan menggunakan fakta, angka, dan ide matematika dalam situasi praktis. Dengan skor rata-rata 379, jauh di bawah skor rata-rata OECD sebesar 472, Indonesia termasuk di antara negara-negara dengan kinerja terendah dalam matematika, menurut Program Penilaian Siswa Internasional (PISA) 2022. Hal ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan strategi pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Pembelajaran Penemuan (DL) meningkatkan kemampuan membaca dan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental kuantitatif dan melibatkan dua kelas eksperimen yang terdiri dari 39 anak kelas lima dari SDN Ampolu yang dipilih menggunakan total sampling. Paradigma PBL digunakan untuk mengajar kelas eksperimen 1, dan pendekatan DL digunakan untuk mengajar kelas eksperimen 2. Skor post-test siswa meningkat secara signifikan, dari 21,83 menjadi 54,66 untuk kelas DL dan dari 20,47 menjadi 56,38 untuk kelas PBL, menurut hasil. Analisis statistik mengungkapkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,343 > 2,024). Temuan ini menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa secara signifikan dipengaruhi oleh kedua pendekatan pengajaran. Namun, PBL lebih baik karena lebih menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa, partisipasi aktif, dan pemecahan masalah praktis, yang semuanya secara langsung meningkatkan kinerja numerasi. Untuk mempromosikan dan meningkatkan literasi numerasi, direkomendasikan agar paradigma PBL diterapkan di sekolah dasar.

Keywords


Literasi Numerasi, DL, PBL

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 12 | PDF views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Full Text

Download

References


Chen, L., & Wong, K. H. (2023). The Role of Experiential Learning in Mathematics Education: A Theoretical Framework. Journal of Mathematics Education, 14 (2), 78–92.

Farda, I. A., Chasanah, A. N., & ’Adna, S. F. (2023). The Effectiveness of Comic Assisted Problem Based Learning Model on Numeracy Literacy Skills of Eighth Grade Students. Jurnal Pendidikan https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jpm.v16i1.212 Matematika.

Fitriani, S., & Suryadi, D. (2020). Pengaruh Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Numerasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 42–50.

Hassan, M. N., & Ahmad, R. (2023). Constructivist Approach in Mathematical Literacy Development. International Journal of Education Studies, 11 (3), 145–160.

Khairunnisa, & Dadang, J. (2022). Meta-Analysis: The Effect of Discovery Learning Models on Students’ Mathematical Ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Nasution, M. (2022). Data Analysis Techniques for Problem-Based Learning Model Development and Rewarding Elementary Linear Algebra. Logaritma : Jurnal Ilmu Ilmu Pendidikan Dan Sains, https://doi.org/10.24952/logaritma.v10i01.5676 10(01), 95–116.

ECD. (2023). PISA 2022 Results: What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Rahmah, I. F., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Problem Based Learning Models to Numeracy Literacy Skills: A Study in Elementary School. Journal of Education and Teacher Training Innovation.

Rahmawati, E., Supandi, S., Poerhandajani, L., & Nizaruddin, N. (2023). Keefektifan Model PBL terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas X Materi Trigonometri. JOE.

Sari, R. K., & Wijaya, A. (2023). Developing Numerical Literacy in Primary Education: Challenges and Opportunities. Educational Studies in Mathematics, 1, 67–82.

Siregar, T., Suparni, Hilda, L., Amir, A., & Adinda, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Asalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zahwa Imala, Cucun Sunaengsih, & Aah Ahmad Syahid. (2024). the Effect of the Problem Based Learning Model on the Numerical Literacy Ability of Elementary School Students. Jurnal Cakrawala https://doi.org/10.31949/jcp.v10i3.9640 Pendas, 10(3), 512–522.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.