PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS QUIZIZZ PADA MATERI EKSPONEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

(1) * Aminah Anjelina Lubis Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
(2) Suparni Suparni Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
(3) Almira Amir Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep matematika sering kali menjadi penyebab rendahnya kompetensi matematika mereka. Berdasarkan penelitian, siswa di SMAN 8 Padangsidimpuan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama materi eksponen. Banyak siswa yang kesulitan dalam mengevaluasi soal dan mengaitkan pengetahuan yang diberikan dengan konsep matematika yang relevan. Pembelajaran juga dianggap membosankan dan kurang menarik. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran daring yang dapat dipercaya, praktis, dan efektif menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian yang menggunakan paradigma pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) ini melibatkan tiga puluh siswa kelas X di SMAN 8 Padangsidimpuan. Alat yang dihasilkan divalidasi oleh ahli bahasa, media, dan konten; kegunaannya dinilai oleh guru dan siswa; dan efektivitasnya diukur melalui uji coba kelompok kecil dan besar. Hasil validasi menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, dengan nilai r-hitung berkisar antara 0,362 hingga 0,505. Media tersebut memiliki skor uji kepraktisan rata-rata 88%, yang menunjukkan bahwa alat tersebut sangat praktis. Berdasarkan pengujian efektivitas, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 6,27, yang menunjukkan bahwa media tersebut secara efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Oleh karena itu, alat evaluasi berbasis Quizizz dapat digunakan untuk mempelajari matematika, terutama saat mempelajari eksponen. Studi ini mendorong pengembangan keterampilan literasi matematika siswa dengan menawarkan alat penilaian digital yang canggih, relevan, dan mudah diakses.


Keywords


Instrumen Evaluasi, Eksponen, Quizizz, R&D

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.48-52
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.48-52 Abstract views : 13 | PDF views : 2

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Damayanti, S. (2024). Wawancara langsung dengan peneliti sebagai guru matematika di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.

Faizi, M. (2013). Ragam metode mengajarkan eksakta pada murid. Diva Press.

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.

Maulia, R. (2021). Pengembangan media evaluasi pembelajaran berbantuan Quizizz pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan, 4(1).

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 65.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 2, 6.

Nurmawati. (2016). Evaluasi pendidikan Islam. Ciptapustaka Media.

Pratiwi, V., & Susanti. (n.d.). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis ICT menggunakan Wondershare Quiz Creator pada materi penyusutan aset tetap. Jurnal Pendidikan, 4(1), 2.

Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2014). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Sagala, S. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2014). Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.