PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII MTsN 1 TAPANULI SELATAN

(1) * Hamdani Batubara Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
(2) Suparni Suparni Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
(3) Ahmad Nizar Rangkuti Mail (Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


 

Dengan skor pretest rata-rata hanya 53,4 dari 100, siswa di MTsN 1 Tapanuli Selatan terus memiliki hasil belajar yang relatif rendah dalam matematika, sebagaimana dibuktikan oleh kinerja mereka yang buruk pada topik bilangan bulat dan pecahan. Menggunakan bahan ajar yang kurang menarik dan kontekstual merupakan salah satu faktor penyebabnya. Tujuan dari proyek ini adalah menggunakan Flipbook Maker untuk membuat bahan ajar kontekstual yang akan meningkatkan literasi matematika siswa kelas tujuh. Paradigma pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) digunakan dalam metodologi penelitian ini. Ujian, kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Kelompok sangat valid mencakup persyaratan validitas masing-masing 87,5% dan 90%, sebagaimana ditentukan oleh validasi oleh ahli media dan ahli materi. Baik guru maupun siswa mengikuti uji praktikalitas media. Dengan menggunakan kategori sangat valid, nilai persentase rata-rata praktikalitas pengguna media 87,5% ditentukan. Dengan skor posttest rata-rata 82,6, peningkatan 29,2 poin, uji coba terbatas terhadap 20 siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hasilnya, media flipbook yang berfokus pada konteks ini dianggap asli, bermanfaat, dan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, media ini dapat menjadi pengganti yang berguna untuk mendorong pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik.

 

 


 


Keywords


Flipbook Maker, ADDIE, Kontekstual.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 14 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arief Sardiman dkk., Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Rajawali Press, 2021), 332

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bulu, M.S., Making,S. R. M., Kerans, G., & Lede, Y. K. (2024). Pengembangan Media PembelajaranMatematikapada Materi Pecahandi Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tambolaka.Indo-Mathedu Intellectuals Journal,5 (3), 3328-3336

Erna Yayuk. 2019. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar . UMMPress : Jakarta

Fitri Azmi Handayani and Sulaiman, “Validitas Dan Praktikalitas Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Scientific Approach Untuk Siswa Kelas VII SMP,†Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 4303–10

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hosnan, M. (2019). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kosasih, E. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara: Jakarta

Likka, Y. E., Lede, Y. K., & Making, S. R. M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Materi Perkalian Bilangan Cacah dengan Menggunakan Media Gambar di SDM PUU UPPO. Indo-mathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1870-1877.

Marlini, C., & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6 (2), 277-289.

Martin, M., Syamsuri, S., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72–87.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2019). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sembiring, M. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook-Maker Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar.Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).

Sholihah, S. M., Farida, N., & Rahmawati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Materi Barisan Dan Deret. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 168–180.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58–61.

Suciati Porwo. (2022). Efektivitas Penggunaan Flipbook dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131.

Yosri, M. L., Rahmawati, D., & Agustina, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Komik Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Smp Pgri 1 Batanghari. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.