PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN TEKNIK KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

(1) * Ainun Mardiyah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Darwis Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Elisa Elisa Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Malika Ritonga Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Hesti Monica Sulastri Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul fisika berbasis komik. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Selatan, tepatnya di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D yang menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Modul ini masuk dalam kategori "sangat layak", menurut hasil validasi, yang memiliki skor rata-rata 87,5%. Kontennya mudah dipahami dan disusun sesuai dengan kurikulum. Sementara itu, penyajian berbasis komik dan daya tarik visual dianggap menarik dan meningkatkan pemahaman siswa. Bakat awal siswa serupa, seperti yang terlihat dari skor rata-rata pra-tes kelas eksperimen sebesar 52,4 dan kelas kontrol 51,7. Skor rata-rata pasca-tes kelas eksperimen naik menjadi 82,1 setelah pembelajaran, dibandingkan dengan skor kelas kontrol 68,4. Dengan skor N-gain rata-rata 0,63 seperti yang ditunjukkan oleh perhitungan gain, hasil belajar kelas eksperimen meningkat dan dikategorikan sebagai sedang hingga tinggi. Selain itu, kelas kontrol masuk ke dalam kategori sedang dengan skor N-gain 0,34. Menurut hasil perhitungan, penggunaan modul komik untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa lebih berhasil daripada menggunakan teknik pengajaran tradisional. Menurut survei, sebagian besar siswa mengatakan bahwa modul berbasis komik meningkatkan perhatian mereka dan membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Hingga 88% siswa mengatakan bahwa penggunaan cerita dan grafik dalam presentasi membantu mereka memahami ide-ide fisika yang sebelumnya mereka anggap menantang.

Keywords


Modul Fisika, Komik, Pengembangan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.8-13
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.8-13 Abstract views : 16 | PDF views : 4

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Annisa, S. A. (2020). Comic-Based Module Development Andro-Web to Improve Problem Solving Ability in Physics. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.

Badeo, J. M. O., & Ong Kian Koc, B. C. (2019). Use of Comic-Based Learning Module in Physics in Enhancing Students’ Achievement and Motivation. Science Education International, 32(2), 131–136.

Deashara, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Foto untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Degorio, J. M. L., & Langub, M. K. C. (2025). Enhancing Physics Education Through Comic Strips: A Development Research Study.

Farinella, F. (2024). Potentialities of Science Comics for Science Communication: Lessons from a Pilot Study. JCOM.

Haryadi, R., & Fauziah, A. (2024). Development of Physics Comic Learning Media Contextual Model with POE Method. Journal of Learning and Technology in Physics, 3(2).

Iwung, K. I., & Nugraha, A. R. (2022). Development of Webtoon-Based Physics E-Modules on Students' Critical Thinking Skills. JoTaLP, 7(1).

Nikmah, S., Haroky, F., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). Android-Assisted Physics Comic Learning to Train Students’ Conceptual Understanding of Newton’s Gravity.

Nugroho, H. A. (2021). Penggunaan Komik Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sari, D. P., & Wulandari, R. (2022). Penerapan Komik Edukatif sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.