MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS NEAR POD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP “SISTEM PENCERNAAN†SISWA DIGITAL NATIVE ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, D. (2019). Peningkatan hasil belajar muatan pelajaran IPA Tema 2 selalu berhemat energi melalui model pembelajaran Think Pair Spare (TPS) siswa kelas IV SD Negeri Pucung Kidul 01 Tahun Ajaran 2019/2020. Jawa Tengah: Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
Ambarsari, T. A. B. (2023). KESIAPAN LITERASI GENERASI DIGITAL NATIVES DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 3(7), 1-1.
Andriani, A. E., Sulistyorini, S., & Kiptiyah, S. M. (2024, February). Peningkatan Literasi Digital Pada Kompetensi Sosial Emosional melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interatif Berbasis Nearpod Bagi Guru Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 28-35).
Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Anitah W., S. (2019). Materi Pokok Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ani Anjarwati, Errina Dinda Festawanti, Yuni Wulandari, Faradella Rahmadhini, Muthmainnah. (2022). Pemahaman Tentang Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan Siswa SDN Sukabumi 6 Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(3), 250–251. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.354
Anjarwati, Ani, Matsusitha, Deka, Farihah, Firna Nahwa, Hanafi, Khofifah Dewi, Fitriyah, Lailatul, & Maryam, Siti. (2023). Penerapan Direct Instruction Model Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Mangunharjo 12 Melalui Media Puzzle. Jurnal Sains Riset, 13(1), 229–236. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i1.1081Anjarwati, Ani, Qomariyah, Rysca Siti, Putri, Mustika Kirana, Rohman, Adella Pramesti Ekaditya, & Royyana, Malqa Dewi. (2022). Integrasi Pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas siswa kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 1031–1038.
Cahaya, L. N., Halang, B., & Putra, A. P. (2024). Learning outcomes and critical thinking skills of Islamic Senior High School students in the virus chapter using Nearpod media. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 3(1), 7-15.
Carles, D., & Douglas, K. (2011). What’s in a song? How songs contribute to the communication of social science research. British Journal of Guidance & Counseling, 439-454.
Crowther, G. (2012). Using science songs to enhance learning: an interdisciplinary approach. Life Sciences Education, 26-30.Governor, D. (2011). Teaching and Learning Science Through Song: Exploring The Experiences of Students and Teachers. Georgia: University of Georgia.
Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas model discovery learning berbasis digital terhadap pemahaman konsep materi sistem pencernaan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 182-187.
Fadjarajani, Siti, & Indrianeu, Tineu. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Media Pembelajaran, hal. 6.
Falaq, Yusuf. (2020). Education of Citizenship in Higher Education as A Fortress of Nation Characters in Facing Era Society 5.0. Journal of Educational Sciences, 4(4), 802. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.802-812
Febriati, Yoni, Saefurohman, Asep, & Juhji. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCETERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA Yoni. Jurnal Ibtida’i, 6, 29–40.
Handriyan, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pena Sains, 3(2).
Hasan, A. (2017). Penerapan metode Role Playing (bermain peran) untuk meningkatkan pemahaman penjumlahan dan pengurangan bilangan pada mata pelajaran Matematika kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Hendra, S. (2023). Profil Orientasi Karir siswa SD Terhadap cita-cita di era digital native. Jurnal Spirits, 13(2), 43-52.
Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517-1528.
Limbong, M. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: UKI Press.
Maghfiroh, A., Putri, R. M., & Wulandari, G. A. A. (2019). Meningkatkan Kualitas Guru Sekolah Dasar Di Indonesia Secara Berkelanjutan Menuju Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 139-142).
Mawarsih, P. B., Soepardjo, D., & Kurniawati, W. (2024). PENGGUNAAN MEDIA GO KREASI UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVE DI GANESHA OPERATION. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 196-205.
McGregor, Shannon C. (2020). “Taking the temperature of the roomâ€: How political campaigns use social media to understand and represent public opinion. Public Opinion Quarterly, 84(S1), 236–256. https://doi.org/10.1093/poq/nfaa012
Nuryadin, E., & Badru Tamam, M. Z. (2018). Pengaruh Media Prezi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Bio Educatio, 3(1), 279491.
Pardjono, P. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, F. P., & Widyana, R. (2020). Peran Penting Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Karakter Siswa Dalam Menghadapi Era Society 5.0. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).
Sanmugam, M., Selvarajoo, A., Ramayah, B., & Lee, K. (2019). USE OF NEARPOD AS INTERACTIVE LEARNING METHOD. (March). https://doi.org/10.21125/inted.2019.2219
Sudibjo, Niko, Idawati, Lusiana, & Retno Harsanti, HG. (2019). Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0. International Conference on Education Technology, 372(ICoET), 276–278. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoet-19/125925095
Trilling, B., & Hood, P. (1999). Learning, technology, and education reform in the knowledge age or" we're wired, webbed, and windowed, now what?". Educational technology, 5-18.
Utari, M., & Elvinas, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Nearpod Di Kelas III Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 135-144.
Widoyoko, E. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulan Ayu, Ieke, Fitriyanto, Syarif, & Zulkarnaen. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 20–25. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml
Yusuf LN, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja RosdaKarya.
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.363–374
Refbacks
- There are currently no refbacks.