ANALISIS RESPONS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA CANVA
Abstract
Seiring dengan tantangan pada era yang semakin maju, tuntutan terhadap proses pembelajaran yang berkualitas terus meningkat sehingga memiliki dampak pada tujuan dan makna pembelajaran. Pembelajaran yang baik menuntut kemampuan guru untuk berinovasi dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII disalah satu SMP di Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respons siswa yang dibuat secara online melalui web penyedia survei online, yaitu Zoho Forms. Angket respons siswa terdiri dari 12 pernyataan yang dikembangkan dari 6 indikator, yaitu keterlibatan kognitif, keterlibatan emosional, motivasi instrinsik, motivasi ekstrinsik, pengalaman kompetensi dan pengalaman berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase angket respons siswa yang diperoleh, yaitu sebesar 91,5%. Jumlah persentase tersebut menunjukkan bahwa respons dari siswa sangat setuju dengan kriteria setiap indikator yang terdapat pada angket respons. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva mendapatkan respons yang sangat positif dari siswa.
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Alyusfitri, R., Nora, Y., & Fadhillah, H. I. (2023). Analisis respon siswa terhadap proses pembelajaran berbantuan multimedia interaktif di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 113–126.
Awidi, I. T., & Paynter, M. (2019). The impact of a flipped classroom approach on student learning experience. Computers and Education, 128, 269–283. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.013
Bahri, S., & Adiansha, A. A. (2020). Pengaruh model learning cycle 7e dan kecerdasan interpersonal terhadap pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 44–51.
https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20866
Buskirk, T. D., Saunders, T., & Michaud, J. (2015). Are sliders too slick for surveys? An experiment comparing slider and radio button scales for smartphone, tablet and computer based surveys. Methods, 9(92), 229–260. https://doi.org/10.12758/mda.2015.013
Citradevi, C. P. (2021). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5e model: A proposed 7E model emphasizes “transfer of learning†and the importance of eliciting prior understanding. National Science Teachers Association.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How to design and evaluate research in education (11th ed.). McGraw Hill. https://doi.org/1011.1669v3
Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association, 108(2), 338–340. https://doi.org/10.5260/chara.17.4.13
Hairina, D. E., Widiyowati, I. I., & Erika, F. (2021). Respon siswa terhadap penerapan model inquiry based learninginquiry based learning berbasis STEAM. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia, 4, 14–17.
Hinchcliff, M., & Mehmet, M. (2023). Embedding canva into the marketing classroom: a dialogic and social learning approach to classroom innovation. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 13(6), 1174–1186. https://doi.org/10.1108/HESWBL-11-2022-0230
Jian, M., Jin, D., & Wu, X. (2023). Research hotspots and development trends of international learning cycle model:Bibliometric analysis based on citespace. Heliyon, 9(11), 1–18.
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22076
Lang, J. M. (2017). How peer instruction and polling have changed my teaching. In The Chronicle of Higher Education. https://www.chronicle.com/article/how-peer-instruction-and-polling-have-changed-my-teaching/
Lawson, A. E., Abraham, M. R., & Renner, J. W. (1989). A theory of instruction: Using the learning cycle to teach science concepts and thinking skills. Educational resources information center. https://doi.org/10.1126/science.152.3719.193
Liu, I. F. (2020). The impact of extrinsic motivation, intrinsic motivation, and social self-efficacy on english competition participation intentions of pre-college learners: Differences between high school and vocational students in Taiwan. Learning and Motivation, 72(February), 101675. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2020.101675
Mecit, O. (2006). The effect of 7e learning cycle model on the improvement of fifth grade students’ critical thinking skills. Departement of secondary science an mathematics education. https://hdl.handle.net/11511/16516
Mujab, S., & Kamal, M. (2021). Stimulus guru dan respon siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas VII SMP darul ulil albab tegal 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2), 1–18. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/article/view/321
Nguyen, L. T., Kanjug, I., Lowatcharin, G., Manakul, T., Poonpon, K., Sarakorn, W., Somabut, A., Srisawasdi, N., Traiyarach, S., & Tuamsuk, K. (2022). How teachers manage their classroom in the digital learning environment – experiences from the university smart learning project. Heliyon, 8(10), 1–9.
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10817
Ong, M. H. A., Mohd Yasin, N., & Ibrahim, N. S. (2022). Structural variable validation of an online learning response behavior (orlb) instrument: A comparison analysis of three extraction methods of exploratory factor analysis. Asian Association of Open Universities Journal, 17(2), 134–146. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-04-2022-0054
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran ipa di madrasah aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Utriainen, J., Tynjälä, P., Kallio, E., & Marttunen, M. (2018). Validation of a modified version of the experiences of teaching and learning questionnaire. Studies in Educational Evaluation, 56, 133–143. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.12.007
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia
Yaman, S., & Karaşah, Ş. (2018). Effects of learning cycle models on science success : A meta-analysis. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 65–83. https://doi.org/10.33225/jbse/ 18.17.65
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.235–241
Refbacks
- There are currently no refbacks.