PENERAPAN TIPE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hana Nur Izzati, Elok Sudibyo Sudibyo, Roihana Waliyyul Mursyidah

Abstract


Penelitian ini didasari oleh tingkat motivasi belajar siswa yang rendah, sehingga diperlukan adanya perbaikan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk menunjang siswa menumbuhkan motivasi belajarnya. Perbaikan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media teka-teki silang yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Penilitian dilakukan pada siswa siswa kelas VII yaitu berjumlah 24 siswa. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu one-shot case study. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yakni lembar angket yang digunakan untuk mengetahui tingkatan motivasi belajar serta didukung dengan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, dari hasil angket dketahui motivasi belajar siswa tergolong pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 85%. Hal ini juga didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa yang terus meningkat setiap kali pertemuan dilakukan. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan pengaruh dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Teka-Teki Silang, Motivasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arifin, S., & Mujtahidah, Z. I. (2023). Penerapan Metode Crossword Puzzle Dalam Mendukung Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(2), 45–52. https://doi.org/10.59525/ijois.v4i2.308

Febbriana, I. M. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. sastra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 149–156. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17737/10734

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Posiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(2019), 181–188.

Hapsari, S. T., & Putri, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle (Tts) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 35 Bekasi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 587. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.14932

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.65

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Mardhotillah, Novallyan, D., & Putra, D. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Menganalisis Kesulitan Siswa Dalam Di Masa Pandemi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i1.23

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Murtiningsih, E. (2021). Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa 8I SMPN 1 Dolopo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.198-207

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.

Putri, P. D., & Pradana, A. B. A. (2021). Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jam’iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 367–373. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.224

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

Saidah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran STAD dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2), 78–96. https://doi.org/10.20527/pakis.v2i2.6541

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830

Sidabutar, M., Aidilsyah, M. R., Aulia, Y. K., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal EPISTEMA, 3(2), 11–20.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21

Suharni. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence)berbasis kaderisasi imm terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87–102.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Wulandari, I., Rista, K., & Psikologi, F. (2023). Motivasi belajar mahasiswa rantau dari Luar Jawa: Adakah peran penyesuaian diri? INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 567–577.

Zhang, Y., Nair, S. M., & Wider, W. (2022). The Effects of STAD Method on Chinese Students‟ Motivation in Learning English Communicative Competence. World Journal of English Language, 12(6), 39–49. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n6p39




DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.228–234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.