EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka mendorong siswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan guna menghadapi tantangan abad 21, termasuk keterampilan literasi sains. Melalui literasi sains, siswa mampu memahami konsep-konsep dan proses ilmiah yang membantu mereka dalam pembuatan keputusan dengan didasarkan pada pengetahuan yang dimilikinya. Keterampilan literasi sains menjadi penting bagi siswa dalam konteks ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa dengan melakukan penerapan pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) dalam pembelajarannya. Desain penelitian yang dipergunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one-group pre-test and post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest kepada seluruh siswa kelas VII A dari satu diantara SMP swasta Kota Surabaya yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian mengindikasikan peningkatan literasi sains dengan output N-Gain sebesar 0,73, sehingga dikategorikan dengan kategori peningkatan yang tinggi. Hasil uji statistik inferensial menggunakan uji non-parametrik (uji Wilcoxon) menunjukkan output Asymp.Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05, sehingga mengindikasikan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SSI efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh output N-Gain dan signifikansi dari uji statistik inferensial.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilya, N. A., Afrianis, N., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/JRPK.121.02
Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., & Setiakarnawijaya, Y. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kirana, D. G., Budiyanto, M., & Purnomo, A. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 260–265.
Masyitoh, R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group To Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Matematika. EKSAKTA:Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 9(1), 1-8.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264281820-en
OECD. (2022). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pratiwi, E., & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Socio Scientific Issues Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and development, 9(1), 273.
Rahmasiwi, A., Susilo, H., & Suwono, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Diskusi Kelas menggunakan Isu Sosiosains terhadap Literasi Sains Mahasiswa Baru pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 980–989.
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Sariningrum, A., Rubini, B., & Ardianto, D. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dengan Konteks Socioscientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal Of Science Education and Practice, 2(2), 35–46. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1705
Slavin, Robert. E. (2018). Educational psychology. In Psychological Bulletin (Vol. 17, Issue 11). Johns Hopkins University. https://doi.org/10.1037/h0071574.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Alfabeta, cv.
Syamsidah, S., & Hamidah Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Deepublish.
Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s taxonomy revised. Understanding the new version of Bloom’s taxonomy.
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.221–227
Refbacks
- There are currently no refbacks.