ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI KOMUNIKASI ANTAR SEL

Rahmadina Rahmadina, Elifia Dwi Utami, Widia Azhari Saputri, Yuyun Amalia Chaniago, M Azhar Lubis, Dinda Lestari Hasibuan

Abstract


Siswa yang mempunyai pemahaman konsep yang baik dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap mata kuliah biologi sel. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa berada pada kategori rendah. Indikator pemahaman tertinggi terdapat pada konsep cell juction dengan persentase sebesar 70%, sedangkan indikator terendah terdapat pada pemahaman struktur perlekatan sel dengan persentase hanya sebesar 5% pada kelas sampel. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep ini antara lain kesulitan dalam memahami soal-soal yang diberikan, perbedaan kemampuan akademik, rumitnya materi mengenai komunikasi antar sel, lemahnya daya ingat, dan kurang optimalnya proses pembelajaran.


Keywords


Pemahaman, Komunikasi Antar Sel, Biologi

Full Text:

PDF

References


Adhani, A. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Kemampuan Akademik Terhadap Aktivitas Lisan Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (3), 148-158.

Adhani, A., & Muhhamad, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII 5 SMPN 8 Tarakan Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Borneo Journal of Biology Education, 1(1), 89-98.

Arends, R. (2012). Learning To Teach Tenth Edition. New York: Mcgraw-Hill Education.

Chiu, M. (2001). Algorithmic Problem Solving and Conceptual Understanding Of Chemistry By Students At A Local High School In Taiwan. Proceeding National Science Council. ROC(D), 11(1), 20-38.

Fajarwati, S., & Munifah. (2010). Penerapan Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Akutansi RSBI. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hindriana, A. F. (2014). Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Untuk Menurunkan Beban Kognitif Mahasiswa. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.

Mamu, H. D. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1-11.

Siregar, L. K. (2017). Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(1), 22-33.

Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning In Practice. Journal Of Education And Human Development, 3(4).

Wijayanti, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Pijar MIPA, 11(1), 15-21.

Tjandra, M. (2005). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Iqbal, M., Mahanal, S., Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2015). Pengaruh Tingkat Kemampuan Akademik Siswa SMA Kota Malang Terhadap Sikap Pada Ekosistem Sungai. Bioedukasi, 13(2), 21-26.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaitf Kualitaitif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nursalim, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

Inayah, Nailil. (2011). Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbahasa Inggris dan Berbasis E-game pada Materi Pokok Sintesis Protein. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: UNESA.

Isnawati dan Subekti, H. (2013). Miskonsepsi Sains. Surabaya: UNESA University Press.

Kose, S. (2008). Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawingsas a Research Method. International Jurnal.Denizli/ Turkey: Pamukkale University.




DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.201–205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.