 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)(2) Heni Mulyani Pohan
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)(3) Fatma Suryani Harahap
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)(4) Editha Dewi Purnamasari
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)(5) Patima Wilda Sari Manurung
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia)(6) Awaluddin Dongoran
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara)
 (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara)*corresponding author
| AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan e-modul berbasis pembelajaran differensiasi yang efektif serta praktis menurut pendapat ahli dan respon siswa. 2) Menghitung besar pengaruh pemahaman konsep Fisika siswa dengan menggunakan e-modul berbasis differensiasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) yang menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian ini terdiri atas lima fase: analisis(analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi.Instrumen penelitian pada penelitian ini digunakan angket respon siswa dengan skala likert serta lembar validasi untuk pengumpulan data dengan metode pengumpulan data skala likert. Penggunakan e-modul pada penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sumber ajar Fisika berbasis pembelajaran berdifferensiasi untuk kelas X MIA - I di SMA N 2 Plus Sipirok. Sebanyak 25 siswa dari kelas X MIA - I menjadi sampel subjek uji coba. E-modul akan divalidasi oleh empat validator di SMA N 2 Plus Sipirok, termasuk satu guru Fisika dan tiga orang dosen yang sesuai dengan bidang masing-masing. E-modul yang dihasilkan akan dinilai validitas dan kepraktisan nya dimana data yang diperoleh dinilai dengan menggunakan nilai rata-rata dari masing-masing penilaian. Dari hasil penilaian didapatlah hasil sebagai berikut : 1) Ahli media menggunakan 92% kriteria sangat valid, ahli materi menggunakan 85%, dan ahli bahasa menggunakan 90%; (2) Uji kepraktisan menghasilkan nilai rata-rata 81,32%,e-modul yang dihasilkan sesuai dengan kriteria sangat praktis menurut evaluasi angket respon siswa. 3) Hasil uji coba pertama keefektifan pemahaman konsep Fisika siswa meningkat sebesar 0,4 sedangkan pada uji coba kedua meningkat sebesar 0,8. Dengan e-modul berbasis differensiasi, maka kesimpulan yang didapat bahwa bahan ajar Fisika e-modul berbasis pembelajaran differensiasi untuk kelas X MIA-I SMA N 2 Plus telah dievaluasi validitas, kegunaan, dan efektifitasnya. | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.227–234 | Article metrics10.31604/eksakta.v8i2.227–234 Abstract views : 5499 | PDF views : 2431 | Cite | Full Text Download | 
References
Gustap Elias, Fauzie, Bayumi, Ahmad ZainudinEfriyeni Chaniago, Hapizoh. (2021). Penerapan model pembelajaran berdifferensiasi (1st ed., p. 119). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Penerapan_Model_Pembelajaran_Berdiferens/6-1EEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Mahdiannur, M. A., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Guru Mata Pelajaran IPA SMP/Sederajat Berorientasi ESD. 3(4), 801–808. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3409
Maria, E. (2022). Strategi Pembelajran yang berpihak pada murid. Kemendikbud. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-pengertian-tujuan-aspek-dan-strategi-pembelajaran-yang-berpihak-pada-murid/#:~:text=Pembelajaran berdifierensiasi merupakan usaha menyesuaikan,kebutuhan belajar individu setiap mu
Rif Anudin. (2022). Kurikulum merdeka:Apanya yang merdeka. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/kurikulum-merdeka-apanya-yang-merdeka/
Sekretariat GTK. (2022). Keseruan kegiatan sekolah penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kemendikbud. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/keseruan-kegiatan-sekolah-penggerak-dalam-mengimplementasikan-kurikulum-merdeka
Tinggih, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2021). E-Learning Menjadi Platform Pembelajaran Era. 1(1), 89–97.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. 12, 1–7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 




