
*corresponding author
AbstractUrgensi penguatan nilai-nilai pendidikan Islam di kalangan mahasiswa semakin meningkat seiring dengan tantangan globalisasi, krisis spiritualitas, dan melemahnya karakter generasi muda. Dalam konteks ini, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) melalui program Darul Arqam Dasar (DAD) hadir sebagai model perkaderan yang strategis dalam membentuk mahasiswa berkarakter Islami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan Model DAD dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo (UMPalopo). Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara induktif dengan reduksi dan kategorisasi tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model DAD mampu meningkatkan pemahaman keislaman, membentuk karakter akhlakul karimah, serta memperkuat kepekaan sosial dan kepemimpinan mahasiswa. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, variasi motivasi peserta, dan metode penyampaian yang perlu diperbarui. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pendidikan Islam berbasis organisasi mahasiswa dan menjadi rujukan dalam perancangan sistem kaderisasi yang lebih inovatif dan adaptif di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang DAD terhadap alumni dan kontribusinya dalam masyarakat.
KeywordsDarul Arqam Dasar; Pendidikan Islam; IMM; Kaderisasi Mahasiswa; Nilai Keislaman
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i2.154-162 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i2.154-162 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdullah, M. A. (2017). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Alfian. (2019). Politik Kaum Modernis: Perlawanan Muhammadiyah Terhadap Kolonialisme Belanda. Jakarta: Al-Wasat Publishing House.
Azra, A. (2015). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Creswell, J. W. (2015). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Freire, P. (2005). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.
Fuad, A. F. (2003). Membendung Arus Formalisme Muhammadiyah, dalam Abdurrahman, M. (Ed.). Muhammadiyah Sebagai Tenda Kultural. Jakarta: Ma’arif Institute.
Jurnal IMM. (2023). Analisis Model Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dalam Penanaman Nilai Pendidikan Islam Mahasiswa di UMPalopo. Palopo: Universitas Muhammadiyah Palopo.
Lickona, T. (2014). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.
Madjid, N. (1999). Pengantar dalam A. Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.
Muarif. (2012). Modernisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gramasurya.
Muhaimin. (2018). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhaimin. (2018). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Pimpinan Pusat IMM. (2020). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IMM. Jakarta: IMM Press.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2012). Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.
Putra, A. M., & Widodo, M. H. (2020). Generasi Z dalam Perspektif Pendidikan dan Karakter. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 10(1), 34–48.
Sagala, R. A., & Nasution, S. (2019). Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 19(1), 75–90.
Syamsuddin, M. R. (2021). Peran Organisasi Mahasiswa Islam dalam Pembentukan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 112–125.
Yusuf, M., & Harun, A. (2018). Model Pendidikan Islam dalam Perkaderan IMM: Studi pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(2), 56–70.
Zainuddin, M. (2017). Integrasi Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 23–45.
Refbacks
- There are currently no refbacks.