MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI PUBLIC SPEAKING DI SD/MI

(1) * Moh Nor Kholis Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(2) Ulya Nabila Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(3) Amalia Nur Hayati Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(4) Hafifatul Jannah Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan psikologis anak usia sekolah dasar yang berpengaruh pada keberhasilan akademik dan sosialnya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran public speaking sebagai sarana strategis dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak di tingkat SD/MI. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, penulis mengidentifikasi urgensi kepercayaan diri dalam masa perkembangan anak, mengulas manfaat public speaking sebagai media ekspresi diri, serta merumuskan strategi implementasi yang efektif di lingkungan sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa public speaking dapat menjadi media yang menyenangkan dan bermakna dalam membangun keberanian, keterampilan komunikasi, dan rasa percaya diri anak jika diterapkan secara konsisten dengan dukungan guru dan lingkungan yang positif. Dengan demikian, public speaking layak dijadikan bagian dari proses pembelajaran untuk membentuk karakter anak yang percaya diri, komunikatif, dan aktif.


Keywords


kepercayaan diri, anak, public speaking, SD/MI, pembelajaran komunikatif.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.133-142
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v10i1.133-142 Abstract views : 9 | PDF views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Full Text

Download

References


Adha, Kholifatul. “Panduan Mudah Public Speaking.†In Yogyakarta: Komunika, 2016. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/123997/slug/panduan-mudah-public-speaking.html%0Ahttps://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/123997/panduan-mudah-public-speaking.html.

Almahyra Farhana. Teori Public Speaking: Rahasia Sukses Berbicara Di Depan Publik. 12 November, 2023.

Damayanti A.A.M, Susilawati L.K.P.A. “Peran Citra Tubuh Dan Penerimaan Diri Terhadap Self Esteem Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar.†Psikologi Udayana 5, no. 2 (2018): 426. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.

Grieve, R., J. Woodley, S. E. Hunt, and A. McKay. “Student Fears of Oral Presentations and Public Speaking in Higher Education: A Qualitative Survey.†Journal of Further and Higher Education 45, no. 9 (2021): 1281–93. https://doi.org/10.1080/0309877X.2021.1948509.

Nadiah, Arina, and Ikhrom. “The Students’ Self-Confidence in Public Speaking.†ELITE Journal, 2019.

Nugraheni, M B. “Pengaruh Peran Guru Pembimbing, Public Speaking, Dan Percaya Diri Mahasiswa Terhadap Keberhasilan PLPKP Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Pendidikan ….†Yogyakarta: Tidak Diterbitkan, 2020. https://repository.usd.ac.id/37831/2/161334061_full.pdf.

Sina, La. “Upaya Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Korupsi Di Kota Samarinda.†Masalah-Masalah Hukum 44, no. 3 (2015): 372. https://doi.org/10.14710/mmh.44.3.2015.372-388.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2020.

———. “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.

Sugiyono, Prof. Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2017. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.’ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2017.

Swestin, Grace, and Kartika Bayu Primasanti. “Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran.†Scriptura 4, no. 2 (2015). https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68.

Uhyat, Hayat. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.

Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.†Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44, no. 8 (2011). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Wati, Silva Nurlaila Qodar, and Ratnasari Dyah Utami. “Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching.†Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4539–48. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871.

Wulandari, Tine. “Konsep Dasar Public Speaking.†Public Relation Sebagai Solusi Komunikasi Krisis, 2020, 25. https://lens.org/186-554-479-655-308.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.