
(2) Afni Amalia

*corresponding author
AbstractBudaya literasi memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan komunikasi siswa, khususnya dalam keterampilan public speaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penekanan budaya literasi terhadap perkembangan kemampuan public speaking pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu terhadap dua kelompok siswa: kelompok yang diberi penekanan budaya literasi dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan literasi seperti membaca rutin, diskusi buku, dan menulis ringkasan mengalami peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri, kelancaran berbicara, serta kemampuan menyampaikan pendapat di depan umum. Temuan ini menunjukkan bahwa penanaman budaya literasi sejak dini tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi juga mendukung pengembangan soft skill penting seperti public speaking. Oleh karena itu, integrasi kegiatan literasi dalam kurikulum sekolah dasar sangat disarankan untuk menunjang perkembangan komunikasi siswa secara menyeluruh. Â Keywordsbudaya literasi, public speaking, sekolah dasar, pengembangan siswa
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.124-132 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i1.124-132 Abstract views : 11 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Dinh Thi Bich Ngoc and Tran Thi Dung, “Key Factors Influencing Learners’ Oral Fluency in English Speaking Classes: A Case At a Public University in Viet Nam,†VNU Journal of Foreign Studies 36, no. 6 (2020), https://doi.org/10.25073/2525-2445/vnufs.4631.
Erika Bailey, “A Historical View of the Pedagogy of Public Speaking,†Voice and Speech Review 13, no. 1 (2019): 31–42, https://doi.org/10.1080/23268263.2018.1537218..
Ida Rosyida, “Pengelolaan Pembelajaran Literasi Teknologi Di Pesantren,†Jurnal Health Sains 1, no. 6 (2020): 696–710, https://doi.org/10.46799/jsa.v1i6.115.
Ida Rosyida, “Pengelolaan Pembelajaran Literasi Teknologi Di Pesantren,†Jurnal Health Sains 1, no. 6 (2020): 696–710, https://doi.org/10.46799/jsa.v1i6.115.
M B Nugraheni, “Pengaruh Peran Guru Pembimbing, Public Speaking, Dan Percaya Diri Mahasiswa Terhadap Keberhasilan PLPKP Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Pendidikan …,†Yogyakarta: Tidak Diterbitkan, 2020, https://repository.usd.ac.id/37831/2/161334061_full.pdf.
Silva Nurlaila Qodar Wati and Ratnasari Dyah Utami, “Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching,†Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4539–48, https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871.
Sri Wahyuning Astuti, Martha Tri Lestari, and Hadi Purnama, “Pelatihan Menjadi Presenter Handal Di SMK Telkom Bandung,†Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 160–66, https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.351
Sugiyono, “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D,†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.
Tine Wulandari, “Konsep Dasar Public Speaking,†Public Relation Sebagai Solusi Komunikasi Krisis, 2020, 25, https://lens.org/186-554-479-655-308.
Refbacks
- There are currently no refbacks.