
(2) Nazlah Hilda Yanti

(3) Dwi Apriliyanti

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis situs web Google Sites dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan efisiensi di SDN Jalmak 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahan dari setiap siklusnya dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 27 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan hasil tes belajar siswa selama dua siklus. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran situs web Google Sites dapat meningkatkan efisiensi pada pembelajaran serta pemahaman dan keterlibatan siswa yang didapat dari hasil tes belajar siswa dan pngisian angket selama dua siklus. KeywordsGoogle Sites; Media Pembelajaran; Siswa.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.105-123 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i1.105-123 Abstract views : 13 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Basuki. Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif (Badung: CV. Media Sains Indonesia, 2021). 8.
Choirunnisa, Risqi. “Implementasi Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasi Web Untuk Meningkatkan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus,†Jurnal Penelitian Sistem Informasi atau (JIPSI) 1, no. 3 (Agustus, 2023): 67, https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i3.669
Pahleviannur, Muhammad Rizal et al. Penelitian Tindakan Kelas (Sukoharjo: IKapi, 2022). 89.
Pardede, Onyta Pioma Gabe dan Khairunnisa. “Probelmatika Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar,†Journal on Education 6, no. 4 (Mei-Agustus, 2024): 21536, http://jonedu.org/index.php/joe.
Rahmat, Muh. et al. “Penerapan Game – Based Learning dan Pelatihan Google Sites Dlam Meningkatkan Literasi Guru dan Siswa,†Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat 6, no. 1 (Januaria, 2025): 402, https://journal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/5235.
Ridhahani. Metodologi Penelitian Dasar Bagi Mahasiswa dan peneliti Pemula (Banjarmasin: Pscasarjana Universitas Islam Negeri Antasari, 2020). 18.
Salim. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama islam di Sekolah) (Medan: Perdana Publishing, 2015). 16.
Siregar, Andyoda dan Pulung Sumantri. “Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) TErpadu di Sekolah dasar kak Seto,†Education & Learning 4, no. 1 (2024): 18, https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242.
Subnarulloh. Rini Endah Sugiharti dan Rima Rikmasari, “Website Google Sites Sebagai Perangkat Pembelajaran Bagi Guru,†Jurnal An-Nizam 3, no. 2 (2024): 60, https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/an-nizam/article/download/8586/3294/21958.
Refbacks
- There are currently no refbacks.