PENERAPAN SITUS WEB GOOGLE SITES UNTUK MENGELOLA PEMBELAJARAN DAN MENINGKATKAN EFISIENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KANGENAN 1 PAMEKASAN

(1) * Achmad Kafil Umam Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(2) Nazlah Hilda Yanti Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(3) Dwi Apriliyanti Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis situs web  Google Sites dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan efisiensi di SDN Jalmak 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahan dari setiap siklusnya dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 27 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan hasil tes belajar siswa selama dua siklus. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran situs web Google Sites dapat meningkatkan efisiensi pada pembelajaran serta pemahaman dan keterlibatan siswa yang didapat dari hasil tes belajar siswa dan pngisian angket selama dua siklus.


Keywords


Google Sites; Media Pembelajaran; Siswa.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.105-123
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v10i1.105-123 Abstract views : 13 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Basuki. Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif (Badung: CV. Media Sains Indonesia, 2021). 8.

Choirunnisa, Risqi. “Implementasi Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasi Web Untuk Meningkatkan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus,†Jurnal Penelitian Sistem Informasi atau (JIPSI) 1, no. 3 (Agustus, 2023): 67, https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i3.669

Pahleviannur, Muhammad Rizal et al. Penelitian Tindakan Kelas (Sukoharjo: IKapi, 2022). 89.

Pardede, Onyta Pioma Gabe dan Khairunnisa. “Probelmatika Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar,†Journal on Education 6, no. 4 (Mei-Agustus, 2024): 21536, http://jonedu.org/index.php/joe.

Rahmat, Muh. et al. “Penerapan Game – Based Learning dan Pelatihan Google Sites Dlam Meningkatkan Literasi Guru dan Siswa,†Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat 6, no. 1 (Januaria, 2025): 402, https://journal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/5235.

Ridhahani. Metodologi Penelitian Dasar Bagi Mahasiswa dan peneliti Pemula (Banjarmasin: Pscasarjana Universitas Islam Negeri Antasari, 2020). 18.

Salim. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama islam di Sekolah) (Medan: Perdana Publishing, 2015). 16.

Siregar, Andyoda dan Pulung Sumantri. “Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) TErpadu di Sekolah dasar kak Seto,†Education & Learning 4, no. 1 (2024): 18, https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242.

Subnarulloh. Rini Endah Sugiharti dan Rima Rikmasari, “Website Google Sites Sebagai Perangkat Pembelajaran Bagi Guru,†Jurnal An-Nizam 3, no. 2 (2024): 60, https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/an-nizam/article/download/8586/3294/21958.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.