
(2) Nurul Hakki

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya keterampilan public speaking sebagai kunci keberhasilan guru dalam mengajar dan berkomunikasi, khususnya di kelas 5 SDN Larangan Slampar 1. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap salah satu guru berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa public speaking yang baik memengaruhi efektivitas komunikasi antara guru dan siswa, memperkuat penyampaian materi, serta meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa di kelas. Guru memanfaatkan bahasa yang komunikatif, media pembelajaran, serta pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Selain itu, keterampilan ini juga berdampak positif terhadap komunikasi guru dengan orang tua murid dan sesama rekan kerja. Temuan ini menegaskan bahwa penguasaan public speaking bukan hanya keterampilan teknis, melainkan juga bagian dari kompetensi pedagogik yang wajib dimiliki guru sekolah dasar. Â KeywordsPublic speaking, guru SD, komunikasi pembelajaran
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.89-104 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i1.89-104 Abstract views : 15 | PDF views : 1 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Almahyra Farhana. Teori Public Speaking: Rahasia Sukses Berbicara Di Depan Publik. 12 November, 2023.
Astuti, R.A. Vita, Rebekka Rismayanti, and Irene Santika Vidiadari. “Pengembangan Public Speaking Dalam Kegiatan Sidang Akademi Di SMA Pangudi Luhur Van Lith, Muntilan.†Jurnal Atma Inovasia 2, no. 1 (2022): 54–59. https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.4552.
Aziz, Moh. Ali. “Public Speaking Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah.†Public Speaking Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah, 2019.
Bailey, Erika. “A Historical View of the Pedagogy of Public Speaking.†Voice and Speech Review 13, no. 1 (2019): 31–42. https://doi.org/10.1080/23268263.2018.1537218.
Damayanti A.A.M, Susilawati L.K.P.A. “Peran Citra Tubuh Dan Penerimaan Diri Terhadap Self Esteem Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar.†Psikologi Udayana 5, no. 2 (2018): 426. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.
Grieve, R., J. Woodley, S. E. Hunt, and A. McKay. “Student Fears of Oral Presentations and Public Speaking in Higher Education: A Qualitative Survey.†Journal of Further and Higher Education 45, no. 9 (2021): 1281–93. https://doi.org/10.1080/0309877X.2021.1948509.
Habibah, Astri, Sindiya Mutiara, Siti Nurjanah, and Susiati Susiati. “Echooling (English-Homeschooling): Upaya Meningkatkan Kemampuan Intuisi Siswa Di Era Pandemi.†Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19392.
Munawaroh, Siti Sofiatul, Siti Nursyamsiyah, and Dhian Wahana Putra. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah.†Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 142. https://doi.org/10.30659/jspi.5.2.142-152.
Nugraheni, M B. “Pengaruh Peran Guru Pembimbing, Public Speaking, Dan Percaya Diri Mahasiswa Terhadap Keberhasilan PLPKP Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Pendidikan ….†Yogyakarta: Tidak Diterbitkan, 2020. https://repository.usd.ac.id/37831/2/161334061_full.pdf.
Setianingrum, Vinda Maya. “Komunikasi Pembelajaran Melalui Virtual Learning.†Translitera 8 (2019): 44–54.
Setyowati, Herlina, Zuly Qurniawati, Eko Santosa, Yuli Widiyono, Aris Aryanto, Rochimansyah Rochimansyah, and Umi Faizah. “Pelatihan Public Speaking Bagi Mahasiswa Dan Masyarakat Umum.†Surya Abdimas 4, no. 2 (2020): 79–84. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i2.703.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2020.
Sugiyono. “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.
Suhayati, Lisa, Haryati Haryati, Anita Kusumawati, and Ruisah Ruisah. “Modeling Strategy Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Madrasah Aliyah.†Acitya Bhakti 1, no. 2 (2021): 143. https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10874.
Uhyat, Hayat. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.
Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.†Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44, no. 8 (2011). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Wulandari, Tine. “Konsep Dasar Public Speaking.†Public Relation Sebagai Solusi Komunikasi Krisis, 2020, 25. https://lens.org/186-554-479-655-308.
Refbacks
- There are currently no refbacks.