PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ABCYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN SISWA KELAS III SD NEGERI JALMAK 1 PAMEKASAN

(1) * Miswatul Riskiyah Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(2) Pratiwi Ayu Ningtyas Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(3) Joni Irawan Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas III SD Negeri Jalmak 1 Pamekasan melalui penerapan media pembelajaran interaktif ABCya berbasis model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari pretes ke post-tes pada Siklus I (54,55%) dan peningkatan lebih signifikan pada Siklus II (88,67%). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital secara aktif mampu meningkatkan hasil belajar siswa, motivasi, serta keterampilan berpikir kritis.

 


Keywords


Media Interaktif, ABCya, Perkalian

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.%25p
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v10i1.%p Abstract views : 11 | PDF views : 1

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afidah, Nurul. and Fitrianto Eko Subekti. “Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Siswaâ€, JURNALBASICEDU 8, no. 3, (Juni , 2024): https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7564.

Kaluge, Agapitus Hendriku.“Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di Era Digital,†SEMNAPTIKA IV : “Pemanfaatan Artificial Intelligence†dalam Pembelajaran 2.1 Berbasis Etnomatematika 3. No. 4. Oktober,2024.

Mardianto dan Prayitno. “Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif,†MUST: Journal of Mathematics Education, Science And Technology 5. No. 2. 2020.

Maulana, Naji et al. “Penerapan Artificial Intelligence Dalam Menunjang Pemahaman Matematika Siswa SD,†Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial 3. No. 2. Desember, 2025.

Nafisah dan Pramudiani. “Pengaruh Penggunaan Sparkol Videoscribe terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar,†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7. No. 1. 2023.

Rahmawati, Rafika et al. “Analisis Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Tingkat Sekolah Dasar,†Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09. No. 04. Desember, 2024.

Rizki, Lussy Midani. “Revolusi Pendidikan: Bagaimana AI Mengubah Cara Belajar Matematika,†Jurnal Pendidikan Tambusai 8. No. 1. January, 2024.

Rohimah, Siti Maryam et al., “Challenges In Learning Multiplication: A Study On Elementary School Studentsâ€, Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. 2, (November 2024) https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol9no2.2024pp213-224.

Setiawan, Jan et al., “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa di SMP Insan Rabbany,†ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat 2. No.4 Juli 2024.

Sinaga, Monalisa. “Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika,†Universitas Negeri Medan, Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bung 1. No. 1. Juli, 2024.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.