STRATEGI MENINGKATKAN PUBLIK SPEAKING GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SDN LARANGAN SLAMPAR 1

(1) * Hanifatul Fitriyah Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(2) Fika Nuril Izzaty Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(3) Nuri Dhatus Solehah Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi public speaking guru dalam meningkatkan pemahaman siswa di SDN Larangan Slampar 1. Melalui metode kualitatif dengan wawancara langsung, ditemukan bahwa penggunaan bahasa daerah sebagai strategi utama mampu menciptakan komunikasi yang lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan siswa. Integrasi public speaking dengan metode pembelajaran aktif, pemberian reward, serta teknik komunikasi interaktif terbukti meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Meskipun guru belum mengikuti pelatihan formal public speaking, kemampuan beradaptasi di kelas menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Tantangan seperti kurangnya fokus siswa diatasi dengan penggunaan gaya komunikasi ekspresif yang mampu mempertahankan perhatian mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan public speaking yang dikembangkan secara mandiri tetap memberikan dampak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran.

 

 


Keywords


Public Speaking, Bahasa Daerah, Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Pemahaman Siswa.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.69-79
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v10i1.69-79 Abstract views : 11 | PDF views : 1

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Damayanti A.A.M, Susilawati L.K.P.A. “Peran Citra Tubuh Dan Penerimaan Diri Terhadap Self Esteem Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar.†Psikologi Udayana 5, no. 2 (2018): 426. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.

Munawaroh, Siti Sofiatul, Siti Nursyamsiyah, and Dhian Wahana Putra. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah.†Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 142. https://doi.org/10.30659/jspi.5.2.142-152.

Oktavianti, Roswita, and Farid Rusdi. “Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif.†Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4335.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2020.

———. “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.

Swestin, Grace, and Kartika Bayu Primasanti. “Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran.†Scriptura 4, no. 2 (2015). https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68.

Uhyat, Hayat. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.

Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.†Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44, no. 8 (2011). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.