MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA GURU MELALUI TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL

(1) * Hanifah Azmi Maisaroh Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
(2) Lailatus Syarifah Mail (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Era digital membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam cara guru mengembangkan kompetensi profesionalnya. Artikel ini membahas bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan keterampilan berbicara guru. Melalui studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, diperoleh temuan bahwa pelatihan daring, media sosial, komunitas digital, serta penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif menjadi sarana efektif dalam mendukung pengembangan diri guru. Selain itu, integrasi teknologi dan keterampilan berbicara dalam proses pembelajaran menjadikan guru lebih komunikatif, adaptif, dan inspiratif. Kemampuan berbicara yang kuat, didukung oleh penguasaan teknologi, terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan bermakna. Oleh karena itu, penguatan kompetensi guru melalui pemanfaatan teknologi perlu menjadi perhatian dalam sistem pendidikan masa kini.

 


Keywords


rasa percaya diri, keterampilan berbicara, guru, teknologi, pembelajaran digital.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.47-56
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v10i1.47-56 Abstract views : 14 | PDF views : 1

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdullah, Mulyana. “Manajemen Mutu Pendidikan DI Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan DI Sekolah.†Jurnal Penelitian Pendidikan 17, no. 3 (n.d.): 190–198.

Mahendra, Alvin Adi, Mohammad Syaffruddin Kuryanto, and Lintang Kironoratri. “Pengaruh Penggunaan Bahasa Sarkasme Guru Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa.†EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 2 (September 19, 2023): 1660–1667.

Mimin Ninawati, Nur Wahyuni, and Rahmiati. “Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (2022): 893-898.

Ni Made Lisma Martarini, Ni Nyoman Ayu J Sastaparamitha, and Putu Agus Primandana. “Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) ‘Google Classroom’ Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive.†Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 6, no. 2 (2020). Accessed April 25, 2025. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/391.

Nihayaturaochmah. “Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Tk Hidayatut Tholibin Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.†Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 8 (2023): 1938–1951.

Nur Azimatul Ummah, Syamsul Ghufron, Suharmono Kasiyun, and Dewi Widiana Rahayu. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Kelas IV Sekolah Dasar.†Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra 12, no. 2 (2020).

Oktavianti, Roswita, and Farid Rusdi. “Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif.†Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2019).

Putu Ayu Candra Dewi, Maria Goreti Rini Kristiantari, and Ni Nyoman Ganing. “Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD Pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa.†Indonesian Journal of Instruction 2, no. 2 (2021): 61–72.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2017.———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Tina Asmaul Husna Hamzah. “NamÅ«dzaj Ta’lÄ«m Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah FÄ« Madrasah Wijaya Surya Al-TsÄnawiyah Al-IslÄmiyah Majalengka.†Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (2023): 76–90.

Tobing, Minar Trisnawati, Lisbet Sihombing, Nancy Purba, and Eva Pasaribu. “Sosialisasi Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran.†ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat 1, no. 1 (January 22, 2023): 72–76.

Yunita. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Inovasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing.†Studi Inovasi 4, no. 1 (2024): 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.