
(2) Joni Irawan

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan public speaking siswa sekolah dasar. Media cerita bergambar dianggap sebagai alat yang menarik dan mudah dipahami, yang dapat membantu siswa dalam menyusun dan menyampaikan cerita dengan lebih percaya diri. Tinjauan literatur dan metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber terkait. Menurut temuan penelitian, kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum dapat ditingkatkan oleh media naratif visual, mengembangkan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti pemilihan materi yang sesuai dan keterbatasan fasilitas, keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar dalam mengembangkan kemampuan public speaking siswa. Oleh karena itu, penggunaan media cerita bergambar sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Â KeywordsPublic speaking, media cerita bergambar, keterampilan komunikasi, sekolah dasar, percaya diri.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.57-68 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i1.57-68 Abstract views : 17 | PDF views : 1 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Afriana, Afriana, Tomi Arianto, and Padrisan Jamba. “Pelatihan Public Speaking Dan Literasi Hukum Komunikasi Dalam Membangun Self Confidence Pelajar Efl Dalam Interaksi Sehari-Hari.†Puan Indonesia 5, no. 2 (2024): 263–272.https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.177.
Bailey, Erika. “A Historical View of the Pedagogy of Public Speaking.†Voice and Speech Review 13, no. 1 (2019): 31–42. https://doi.org/10.1080/23268263.2018.1537218.
Damayanti, A.A.M, and Susilawati L.K.P.A. “Peran Citra Tubuh Dan Penerimaan Diri Terhadap Self Esteem Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar.†Psikologi Udayana 5, no. 2 (2018): 426. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.
Fijianto, Dwi, Isyti’aroh Isyti’aroh, Siti Rofiqoh, and Tri Sakti Wirotomo. “Pelatihan Public Relation Pada Kegiatan in House Training Guru Dan Karyawan Yayasan Tsamroatul Fuad Pemalang.†Jurnal Batikmu 3, no. 2 (2024). https://doi.org/10.48144/batikmu.v3i2.1407.
Munawaroh, Siti Sofiatul, Siti Nursyamsiyah, and Dhian Wahana Putra. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah.†Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 142. https://doi.org/10.30659/jspi.5.2.142-152.
Rebecca, Jessica. “Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar.†Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, 2020.
Riwayatiningsih, Rika, Agung Wicaksono, Khoiriyah Khoiriyah, Sulistyani Sulistyani, and Mahendra Puji P A. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris Di Kediri Melalui Pelatihan Public Speaking.†Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 112–118. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.27.
Sary, Marisa Puspita, Maulina Larasati, and Vera Wijayanti. “Kesesuaian Pengetahuan Kompetensi Mahasiswa Di Dunia Kerja.†Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1 (2017): 50–66. https://doi.org/10.21009/communicology.051.04.
Setianingrum, Vinda Maya. “Komunikasi Pembelajaran Melalui Virtual Learning.†Translitera 8 (2019): 44–54.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 2020.
ugiyono. “Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.
Uhyat, Hayat. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.
Wulyani, Sri, Agung Kurniawan S Djibran, and Karmila P Lamadang. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar Di PAUD.†Jurnal Pendidikan Glasser, 2022. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1520.
Refbacks
- There are currently no refbacks.