
(2) Tobroni Tobroni

(3) Faridi Faridi

*corresponding author
AbstractPembelajaran aqidah berbasis Artificial Intelegence (AI) sedang digalakkan disekolah, akibat dari diterapkannya kurikulum merdeka. Guru dituntut untuk mampu memberikan pembelajaran dengan pendekatan tekhnologi digital. Pembelajaran aqidah adalah materi pelajaran yang sangat penting diberikan kepada siswa disetiap jenjang pendidikan, maka perlu diterapkan pembelajaran berbasis AI agar lebih menarik dan mudah difahami siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran aqidah berbasis AI di SMAN 5 Padangsidempuan dan hubungannya dengan peningkatan minat belajar siswa dalam mempelajari materi aqidah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Analisis data dilakukan melalui cara deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung. Temuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana guru menerapkan pembelajaran aqidah berbasis AI di SMAN 5 Padangsidempuan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran aqidah berbasis AI yang dilakukan guru PAI menambah minat siswa dalam mempelajari materi aqidah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada kecendrungan siswa lebih berminat belajar aqidah dengan pendekatan tekhnologi kecerdasan buatan atau sering disebut dengan AI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam karena belum banyak yang menerapkan pembelajaran aqidah berbasis AI sementara kurikulum merdeka banyak menuntut penguasaan teknologi digital.   Keywordspembelajaran aqidah, Artificial Intelegence, minat belajar
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.1-13 |
Article metrics10.31604/muaddib.v10i1.1-13 Abstract views : 11 | PDF views : 1 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abimanto, D., & Mahendro, I. “Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.†Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2022).
Aidah Novianti Putri, & Moh. Abdul Kholiq Hasan. “Penerapan Kecerdasan Buatan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0.†Tarling : Journal of Language Education 7, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.8501.
Karyadi, B. “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri.†Jurnal Teknologi Pendidikan 8, no. 2 (2023).
Kennedy, P. DIGITALISASI PENDIDIKAN: ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI PENDIDIKAN TINGGI. Prosiding Nasional 2023 Universitas Abdurachman Saleh Situbondo., 2023.
Klarisa, L., Setiyanti, A. A., Purnomo, H. D., & Gundo, A. J. “Analisis Kesiapan Pembelajaran Artificial Intelligence Di Tingkat Pendidikan Dasar (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Salatiga).†EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5271.
Musafiri, M. R. Al. “Tren Penelitian Inovasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jurnal PAI Di Indonesia: Dari Desain Penel.†Itian Hingga Analisis Data. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 3, no. 2 (2022). https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.107.
Musfiqon, H. M. “Metodologi Penelitian Pendidikan [Educational Research Methodology].†Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 2012, 1.
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. “Efektif Artificial Intelligence (AI) Dalam Belajar Dan Mengajar.†Jurnal Pendidikan : Seroja 2, no. 1 (2023).
Prof.Dr.Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March)., 2020.
Ramli, R., & Akram, M. “Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Parepare.†Jurnal Al-Ibrah, X(0`)., 2021.
Rubini, R. “Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta.†HUMANIKA 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.32303.
Saputra, T., & Serdianus, S. “Peran Artificial Intelligence ChatGPT Dalam Perencanaan Pembelajaran Di.†Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3, no. 1 (2023).
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Educativo: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111.
Trismayanti, S. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.†AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2020).
Wahdina Salim Aranggere1, D. M. H. S. M. “IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATUL MUBTADI’IN TASIKMADU MALANG.†VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022).
Refbacks
- There are currently no refbacks.