PENGARUH PERADABAN ISLAM DI DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Peradaban Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan di dunia. Meskipun kontribusinya telah diakui, pemahaman mengenai bagaimana nilai-nilai dan prinsip pendidikan Islam mempengaruhi pendidikan modern masih terbatas. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya kajian yang mendalam tentang dampak peradaban Islam terhadap kurikulum, metode pengajaran, serta pembentukan karakter dalam pendidikan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh peradaban Islam dalam perkembangan pendidikan, dengan fokus pada bagaimana prinsip-prinsip Islam telah membentuk struktur pendidikan dan pendekatan pengajaran yang digunakan di era sekarang. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yang mencakup tinjauan literatur dari berbagai sumber sejarah, buku, artikel, dan penelitian terdahulu yang relevan. Kajian ini melibatkan analisis tentang kontribusi para ilmuwan Muslim pada masa kejayaan Islam, seperti pengembangan sistem pendidikan di madrasah, peran ulama dalam mentransfer ilmu pengetahuan, serta prinsip-prinsip pendidikan Islam yang mengutamakan keseimbangan antara ilmu, moralitas, dan etika. Penelitian ini juga menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pendidikan kontemporer serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya di dunia pendidikan global saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh peradaban Islam terhadap perkembangan pendidikan dunia, serta untuk memahami relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pendidikan modern. Kesimpulannya, peradaban Islam telah memberikan warisan berharga dalam membentuk konsep pendidikan yang mengintegrasikan pengembangan intelektual dan moral. Pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dapat memberikan solusi bagi tantangan dalam pendidikan global, dengan menekankan pentingnya keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan etika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, Febrian. “Analisis Pengaruh Peradaban Islam Di Andalusia Terhadap Kebangkitan Ilmu Pengetahuan Di Eropa” 2 (2024): 129–38.
Anak, Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial. “Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia.” Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57 21, no. 1 (2008): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Case Study Method in Qualitative Research.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (2022): 1–9.
Basir, Marni, and Hasaruddin Hasaruddin. “Pengaruh Peradaban Islam Di Dunia Barat.” Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi 6, no. 2 (2023): 935–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/1501.
Bisri, Khasan. “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Merekonstruksi Materi Tentang Peperangan Dalam Peradaban Islam Di Ma Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 2 (2017): 157–70. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.132-03.
DR, S.Kom., M.Kom, Nurdin. “Cd Interaktif Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 1, no. 2 (2020): 129. https://doi.org/10.29103/tts.v1i2.3251.
Fatha Pringgar, Rizaldy, and Bambang Sujatmiko. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” Jurnal IT-EDU 05, no. 01 (2020): 317–29.
Fauzian, R inda. “M E T a V E R S E D a N P E M B E La J a R a N S E J a R a H K E B U D a Y a a N.” Madaris; : Jurnal Guru Inovatif ISSN : 2716-4489 Edisi Khusus ISOE, Juni 2022: Hal. 27 - 37 Juni, no. edisi Khusus ISOE (2022): 27–37.
Hadi, Mahfudz Syamsul, and M. Hasan Muammar. “Dampak Kosmopolitanisme Islam Terhadap Pendidikan Islam Di Dunia Global.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 48–70. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.2832.
Hasibuan, Darma Syahputra. “Peradaban Pra Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 6, no. 3 (2022): 286–95. https://doi.org/10.47006/er.v6i3.13175.
Hidayati, Nurul, Yazida Ichsan, Ratna Wulandari, and Dwi Aknan Lutfiyan. “Pengaruh Seni Asitektur Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Andalusia.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 3, no. 1 (2021): 73–86. https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i1.40.
Huzain, Muh. “Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Dunia Barat.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (2018): 355–77. https://doi.org/10.32489/tasamuh.41.
Kaum, Sikap, Muslimin Saat, and Ini Terhadap. “Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Barat” 2, no. 2 (2024): 29–38. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i2.32701.
Kenedi, Gusril, Melisa Zulkar Maiteningsih, and Adriantoni Adriantoni. “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2023): 37–43. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i2.1681.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021): 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Mauldia Aslamiyah, Nurjanah, Karmelia Putri, and Azkia Savitri. “Kebudayaan Dan Kearifan Daulah Abbasiyah: Warisan Peradaban Islam.” Tanjak: Sejarah Dan Peradaban Islam 4, no. 3 (2024): 307–16. https://doi.org/10.19109/tanjak.v4i3.24493.
Mugiyono. “Peradapan Islam.” Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam Dalam Perspektif Sejarah, 2013, 11. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/457/407.
Pratama, Ervan Saleh. “Hubungan Guru Dan Murid Dalam Pendidikan Agama Islam Menurut Kajian Q.S. Al-Kahfi Ayat 65-70.” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam 2, no. 2 (2020): 333–48. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i2.27.
Putri, Junita, and Ferianto Ferianto. “Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 7, no. 01 (2023): 42–54. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9241.
Ramadhan, Ossi Marga, and Tarsono Tarsono. “Efektifitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Google Classroom Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6, no. 2 (2020): 204–14. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927.
Rodhi, Muhammad. “Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang 2013” 1, no. S 1 (2013): 67–79.
Rusydi, Ibnu. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7, no. 1 (2021): 75–83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.176.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Suharni, Suharni. “Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern.” Jurnal Al-Ijtimaiyyah 1, no. 1 (2015): 73–88. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.255.
Tasya Yunisha Zuana, Enoh, and Helmi Aziz. “Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2023, 149–54. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3059.
Usiono, Maimun Aqsha Lubis Abdin Lubis, Muhammad Talhah Ajmain, Aisyah Sjahrony, and Ikhwan Lubis. “Dinamika Pendidikan Islam: Pengaruh Peradaban Islam Dan Ketamadunan Barat Dalam Budaya Dan Pendidikan Di Malaysia.” ASEAN Comparative Education Research Journal on Islam and Civilization (ACER-J) 3, no. 2 (2019): 55–70.
Yani, Ahmad. “Kontribusi Peradaban Islam Terhadap Peradaban Eropa.” CARITA: Jurnal Sejarah Dan Budaya 1, no. 2 (2023): 177–90.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.422-439
Article Metrics
Abstract view : 195 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.