STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN IBUNDA HJ. SHOFIYAH
Abstract
Dalam pembelajaran tahfiz, ditemukan bahwa siswa sering kali mulai mempelajari Al-Qur’an sejak usia dini. Proses ini menekankan pada hafalan dan pemahaman, dengan dorongan bagi siswa untuk mencapai tingkat kefasihan tinggi dalam menghafal teks suci Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di pondok Tahfidzul Qur’an Ibunda Hj. Shofiyah dalam mengelola kegiatan hafalan Al-Qur’an serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi di rumah tahfiz tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui penelitian ini, diperoleh gambaran mengenai strategi pengelolaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di pondok Tahfidzul Qur’an Ibunda Hj. Shofiyah. Penelitian kualitatif ini menghasilkan kesimpulan berupa data deskriptif yang menggambarkan secara rinci, bukan berupa angka-angka. Target informan dalam penelitian ini adalah guru dan murid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Maghribi, U. (2008). Metode Menghafal Al-Qur'an. Darul Falah.
Amirullah, Pengantar Manajemen Fungsi, Proses, Pengendalian, ( Jakarta : Mitra Wacana Media, 2015)
Badruzaman, D. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Ii Kabupaten Ciamis. Idea : Jurnal Humaniora, 9(Agustus), 245–253. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4888
Depdiknas. (2003). Panduan Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hitami Mundzir, M. . (2016). Pengertian Al-Qur’an. IAIN Kudus, 01, 1–23.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Helmi, S. (2021). Analisis data (Issue January 2014).
Justralina. (2015). Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Suska Pers. Toward a Media History of Documents, 1.
Maharani, D., Helmiah, F., Ramadhan Harahap, R., & Fachri, B. (2018). Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur’an Menggunakan Al-Qur’an Digital Tajwid. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 95–100. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.120
Nurhani, N dan Fuji Rahmadi P. (2023). Manajemen Tahfiz Al-Qur’an di RA Al Firdaus Kisaran Timur Asahan. ISLAMIKA, 5(4), 1658-1668.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. PERDANA PUBLISHING.
Naway. (2016). Strategi Pengelolaan Pendidikan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Bandung : PT. Refika Aditama.
Yusuf, M. (2012). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an. Pustaka Al-Kautsar.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.377-385
Article Metrics
Abstract view : 103 timesPDF - 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.