DINAMIKA PSIKOLOGIS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN DARING

(1) * Nurhikmah Muhammad Surat (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
(2) Nurus Sa’adah Surat (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Kajian tentang dampak perkuliahan daring terhadap motivasi belajar mahasiswa telah banyak dilakukan, namun pembahasan penyebab secara eksternal dan internal serta pemberian solusi terhadap dinamika psikologis yang dialami terhadap problema motivasi belajar tidak dikaji secara komprehensif maka perlu dilakukan studi literature dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan melalui studi literature dengan pendekatan deskriptif kualitatif dari beberapa dokumen dan jurnal secara online yang berkaitan dengan psikologis dan perkuliahan daring yang berdampak pada problema motivasi belajar yang dialami mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dinamika psikologis mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring yang berdampak pada motivasi belajar mahasiswa secara eksternal dipengaruhi oleh penguasaan teknis dan system serta metode dalam proses perkuliahan, dukungan sosial, dan lingkungan. Secara internal dipengaruhi oleh kesiapan mahasiswa dan penyesuaian diri serta tingkat risiliensi dan efikasi diri mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan secara daring. Sehingga dalam proses perkuliahan daring diperlukan kreativitas, inovasi, dan apresiasi dosen kepada mahasiswa dan mahasiswa memilih teknik coping yang tepat serta manajemen stress yang baik dalam mengikuti proses perkuliahan secara daring sesuai dengan kendala yang dialami mahasiswa .          

 


Kata Kunci


Dinamika Psikologis; Motivasi Belajar; Perkuliahan Daring

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i3.378-387
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2023.v8i3.378-387 Abstract views : 1658 | PDF views : 819

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Akmal,Z.,& Kumalasari,D. (2021). Kesiapan Belajar Daring dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Indonesia di Masa Pandemi: Stres Akademik Sebagai Moderator. Jurnal Psikologi Uayat, 10(10), 1-21. DOI: 10.24854/JPU216.

Djoko,S.(2021). Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Manajemen Perbankan di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2020-2021. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 2(2), 44-58. https://doi.org/10.5281/zenodo

Ellis,R.(2021). Gambaran Stres Akademik Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Pattimura. Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 9(2), 60-67. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue2year202

Fitriyani,Y., Fauzi, I., Sari,M.Z,.(2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pendidikan Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-175. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2654

Fanani, Qori,. Jainu,J. (2020). Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komtekinfo, 7(4), 285-292. DOI: 10.35134/komtekinfo.v7i4 http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/KOMTEKINFO

https://edukasi.okezone.com/read/2021/08/23/65/2459844/ini-dampak-kuliah-daring-bagi-mahasiswa?page=1

https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Karningsih. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19. Public Service and Governance Journal, 3(1), 53-66. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/view/2791

Mujibul, M., & Hakim, R. F. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Studi Kasus PT. Reycom Dokumen Solusi. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.953

Mayangsari, M. D., & Astuti, J. P. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kognitif pada Mahasiswa Ditinjau dari Pengaturan Ruang Kelas. Jurnal Ecopsy, 5(3).149-153. DOI:10.20527/ecopsy.v5i3.5568

Nurchayati. Syafiq,M., Khoirunnisa,R,N., Darmawanti,I. (2021). Strategi Coping Mahasiswa dalam Menghadapi Perubahan Sistem Perkuliahan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 11(3), 247-266. http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p247-266

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Purnomo,N., Suroso. Arifiana,I,Y. (2021). Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Menjalani Perkuliahan Daring: Bagaimana Peranan Efikasi Diri. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1-11. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/5298

Rajkumar,R,P. (2020). Covid-19 and Mental Health: A review of the existing literature. Asian Journal of Psychiatry,Vol 52,1-5. DOI 10.1016/j.ajp.2020.102066

Rosali, E. S. (2020). Aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di jurusan pendidikan geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Explored Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921/0

Vera Nawiro (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 165-177. http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153– 165. https://doi.org/10.37859/eduteach. v1i2.1987

Winangun, I. M. A. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran SD. Jurnal Mitra Pendidikan. 4(5), 256-268. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.722


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d