HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF ESTEEM REMAJA KELAS XI TKJ DI SMK DARUL FALAH SUNGAI TANANG NAGARI KASIK PUTIH KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT

(1) * Khairul Amri Surat (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Sukatno sukatno Surat (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Ziska Haryanti Surat (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan self esteem remaja kelas XI TKJ di SMK Darul Falah Sungai Tanang Nagari Kasik Putih Kecamatan Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Darul Falah Sungai Tanang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X, XI, dan XII. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas XI TKJ berjumlah 26 siswa. Instrument penelitian berupa kuisioner sebanyak 30 soal. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda.Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai Sig. adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau dengan kata lain ada hubungan yang signifikan positif antara pola asuh orang tua dengan self esteem remaja kelas XI TKJ di SMK Darul Falah Sungai Tanang.


Kata Kunci


penelitian deskriptif, pola asuh, self esteem

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.120-124
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2021.v6i1.120-124 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Aco, H. (2020, Oktober). Siswa SMA Bunuh Diri Diduga Stres akibat Tugas Belajar Online. Retrieved from Trubunnews.com: https://www.tribunnews.com/regional/2020/10/17/siswa-sma-bunuh-diri-diduga-stres-akibat-tugas-belajar-online?page=2 20 Oktober 2020.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan , 143-148.

Gibson, J., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Binarupa Aksara.

IKAPI. (2004). Manajemen Stress Cetakan I. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Looker, T., & Gregson, O. (2005). Managing Stress: Mengatasi Stres secara Mandiri Cetakan I. Yogyakarta: BACA.

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Prosiding Seminas Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142-149.

Primasiwi, A. (2020, Juni 26). Pembelajaran Jarak Jauh perlu Dievaluasi Pemerintah, Pastikan Efektivitasnya. Retrieved from Suaramerdeka 27 Oktober 2020 https://www.suaramerdeka.com/news/nasional/232585-pembelajaran-jarak-jauh-perlu-dievaluasi-pemerintah-pastikan-efektivitasnya

Reddy, K. J., Kharismarajanmenon, M., & Anjanathattil. (2018). Academic Stress and its Sources among University Students. Biomedical & Pharmacology Journal, 11(1), 531-537.

Sudarsana, D. (2019). Pengaruh antara Stres Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Kemalang . Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 204-207.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##